Antisipasi Banjir Musiman, Emil Panggil Wali Kota/Bupati Bandung Raya

Yogi Pasha ยท Senin, 12 November 2018 - 13:02 WIB
Antisipasi Banjir Musiman, Emil Panggil Wali Kota/Bupati Bandung Raya

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Memasuki musim hujan awal November 2018, sejumlah kawasan di Bandung Raya mulai di landa banjir musiman. Untuk mengantisipasi bencana semakin meluas, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil segera memanggil wali kota dan bupati di wilayah tersebut. 

Pemanggilan para kepala daerah itu untuk membahas penanganan banjir yang kerap terjadi di saat musim hujan. Emil berharap penanganan banjir di kawasan Bandung raya harus dilakukan secara bersama dan sinkron agar banjir bisa diatasi. 

"Khusus banjir Bandung Raya saya akan rapatkan di minggu ini. Memanggil kepala daerah untuk memulai proses sinkronisasi program," kata Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/11/2018). 

BACA JUGA: Ridwan Kamil Tetapkan Status Siaga Satu Bencana di Jabar

Rencana pembahasan tersebut, kata Emil, seiring dengan pembentukan Pemerintahan Bandung Raya yang saat ini telah keluar perpres (peraturan presiden). Perpres tersebut, lanjutnya, merupakan bagian dari upaya sinkronisasi program-program yang ada di wilayah Bandung Raya. 

Mulai dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang. "Tujuan perpres itu kan untuk menyinkronkan. Jangan sampai Cimahi bikin anggaran sendiri, Bandung bikin tapi teu (tidak) nyambung," ucapnya. 

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir wilayah Kabupaten Bandung mulai terendam banjir. Ribuan rumah yang berada di tiga kecamatan di antaranya Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang, terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter lebih. 

Selain itu, hujan deras yang mengguyur Kota Cimahi, Minggu (11/11/2018) sore juga membuat sejumlah ruas jalan tergenang banjir. Bahkan, di Kota Bandung pun banjir merendam akses jalan di daerah Kopo hingga mengakibatkan lalu lintas lumpuh. Musim hujan selalu membuat tiga daerah ini tidak luput dari persoalan banjir.


Editor : Himas Puspito Putra