Antisipasi Penumpukan Kendaraan di Rest Area Tol Cipali, Kantong Parkir Ditambah

Asep Supiandi ยท Rabu, 29 Mei 2019 - 00:42 WIB
Antisipasi Penumpukan Kendaraan di Rest Area Tol Cipali, Kantong Parkir Ditambah

Ruas Jalan Tol Cipali yang masih ramai lancar memasuki musim mudik Lebaran 2019. (Foto: iNews/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id – Mengantisipasi penumpukan kendaraan di rest area Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) selama arus mudik Lebaran 2019, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menambah keberadaan kantong parkir. Hal ini dilakukan dengan memperluas areal parkiran.

Corporate Communication Manager PT LMS Okky Brahma mengatakan, penambahan areal parkir itu terdapat di Km 102 A untuk 300 kendaraan, Km 130 A mampu menampung 100 kendaraan, Km 166 A 200 unit dan Km 164 B ada penambahan untuk 200 kendaraan.

Kendati ada penambahan areal parkir, pihaknya tetap mengimbau agar para pemudik selalu memantau lalu lintas pada rute yang akan dilaluinya. Disarankan juga untuk mengisi BBM di luar Tol Cipali, terutama pada saat arus mudik dan arus balik agar tidak terjadi penumpukan.

BACA JUGA: H-8 Lebaran, Antrean Panjang Kendaraan Terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama

“Gunakanlah rest area secara bijak dengan maksimal selama 1 jam agar bisa bergantian dengan pengemudi lain,” ujar Okky, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, pemudik juga diimbau memperhatikan hal-hal terkait keselamatan. Seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalu lintas, dan bila perlu pasang aplikasi petunjuk navigasi untuk mengetahui posisi.

Sementara terkait dengan volume kendaraan, data per 28 Mei 2019 pukul 06.00 WIB, kondisi lalu lintas Tol Cipali dari kedua arah masih landai. Dalam 24 jam terakhir, jumlah kendaraan yang melintas Tol Cipali melalui GT Palimanan (keluar dan masuk, arah Cirebon dan Jakarta) sebanyak 34.218 unit kendaraan. Ke arah Jawa rata-rata 885 kendaraan/jam dan ke arah Jakarta rata-rata 670 kendaraan/jam.


Editor : Donald Karouw