APBDP 2018 Ditolak, Pemkot Bandung Mulai Efisiensi Anggaran

Yogi Pasha ยท Senin, 05 November 2018 - 14:32 WIB
APBDP 2018 Ditolak, Pemkot Bandung Mulai Efisiensi Anggaran

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan efisiensi anggaran hingga akhir tahun 2018. Ini merupakan imbas dari ditolaknya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018 Kota Bandung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Sebelumnya, Pemprov Jabar menolak APBD-P Kota Bandung 2018 lantaran keterlambatan pengajuan. Dengan begitu, praktis Pemkot Bandung hanya mengandalkan APBD murni untuk menjalankan program hingga akhir 2018 mendatang.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku penolakan pengajuan tambahan anggaran ini berdampak terhadap roda pemerintahan. Sebabberbagai sektor akan kehabisan anggaran.

"Pasti banyak (terdampak) karena nggak punya anggaran kan," kata Yana saat ditemui di Hotel El Royal, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (5/11/2018).

BACA JUGA:

APBDP 2018 Ditolak, Tantangan Berat Pertama Pemerintahan Oded-Yana

APBD Perubahan 2018 Ditolak, Oded Yakin Program 100 Hari Tetap Jalan

APBD Perubahan 2018 Pemkot Bandung Ditolak, Ini Alasannya


Dia mengaku solusi terdekat yang bisa dilakukan yakni pergeseran anggaran untuk sektor-sektor prioritas berkaitan pelayanan publik. Salah satunya Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB).

Dampak dari penolakan anggaran perubahan ini, DPKPB tak punya biaya untuk bensin mobil pemadam dan gaji personel yang didominasi Tenaga Harian Lepas (THL).

"Mudah-mudahan hari ini kami bisa selesaikan dengan pergeseran anggaran. Kan kami bicara skala prioritas ya. Semangatnya pelayanan publik jangan sampai terganggu," ucap dia.

Selain menggeser anggaran, pihaknya juga terpaksa harus melakukan efisensi. Pihaknya akan mengoptimalkan anggaran sisa untuk sektor-sektor prioritas. "Efisiensi dan efektifitas anggaran harus dilakukan di bulan-bulan tersisa," ujar Yana.

Sebelumnya, sejumlah pengamat menyebut, ditolaknya pengajuan APBD Perubahan 2018 Kota Bandung bakal menghambat rencana pembangunan di Kota Paris van Java itu. Ini akan menjadi beban anggaran di tahun berikutnya dalam rencana pembangunan di Kota Bandung.


Editor : Himas Puspito Putra