Arus Balik H+4 di Tol Cipali Padat Merayap, Pemudik Istirahat di Pinggir Jalan

Irwan ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 09:34 WIB
Arus Balik H+4 di Tol Cipali Padat Merayap, Pemudik Istirahat di Pinggir Jalan

Kemacetan panjang arah Palimanan Cirebon menuju Jakarta di ruas Jalan Tol Cipali pada H+4 Minggu (9/6/2019). (Foto: iNews/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id – Arus balik H+4 arah Palimanan Cirebon menuju Jakarta di ruas Jalan Tol Cipali terpantau padat merayap, Minggu (9/6/2019) pagi. Kendati telah diberlakukan sistem one way, namun macet panjang mencapai puluhan kilometer tetap terjadi.

Pantauan iNews di Kilometer (KM) 73 Tol Cipali, sekitar Cikopo Purwakarta, ribuan kendaraan terjebak kemacetan. Didominasi kendaraan pribadi dan bus angkutan umum.

Meningkatnya volume kendaraan arus balik pemudik pada H+4 ini seperti yang telah diprediksikan sebelumnya. Sejak H+3, sudah terjadi kemacetan panjang kendaraan pemudik yang pulang kembali menuju ibu kota. Hal ini seiring habisnya masa libur dan cuti lebaran. Banyak pemudik bahkan yang terpantau beristirahat dan menepi di pinggir lajur tol akibat perlambatan tersebut.

BACA JUGA: H+3 Lebaran, Tol Semarang-Solo Arah Jakarta Macet Puluhan Kilometer

“Kami rehat dulu agar tidak terlalu capek. Ini sudah istirahat yang kedua agar tetap fit sekalian menikmati suasana pagi di tol,” ujar Fajar, pemudik dari Demak Jateng dengan tujuan pulang ke Tangerang, Minggu (9/6/2019).


Dia mengungkapkan, kemacetan di Tol Cipali mencapai sekitar 10 Km. Kendaraannya hanya dapat berjalan merayap hingga membuatnya memilih untuk beristirahat.

“Macetnya lumayan padat. Pertama macet di Pejagan sekitar 5 Km, dengar-dengar ada kecelakaan. Lalu masuk Cipali macet lagi sekitar 10 Km,” katanya.

Senada disampaikan Nanda, pemudik yang juga menuju Jakarta. Dia mengaku terjebak macet selama dua jam sejak masuk dari gerbang Tol Palimanan.

“Saya dari Palimanan berangkat jam lima subuh. Ini masih terjebak macet, sekitar 10 Km,” ujarnya.

Hingga saat ini kemacetan arus balik di ruas Tol Cipali Purwakarta masih terjadi. Sistem one way tetap diberlakukan dan diperkirakan kemacetan akan berlangsung hingga malam nanti.


Editor : Donald Karouw