Arus Balik Lebaran, Tol Jakarta - Cikampek Terpantau Padat

Antara, Okezone ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 20:59 WIB
Arus Balik Lebaran, Tol Jakarta - Cikampek Terpantau Padat

Kepadatan arus kendaraan di Gerbang Tol Cikampek. (Foto: Dok iNews).

KARAWANG, iNews.id - Pada H+2 lebaran, ruas Tol Jakarta - Cikampek di kilometer 70, tepatnya Gerbang Tol Cikampek Utama terpantau mulai padat. Polisi memberlakukan sistem satu arah atau one way untuk mengurai kemacetan.

"Penentuan one way antara jam 12 siang hingga 12 malam. Pemberlakuan ini disesuaikan dengan situasi," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (7/6/2019).

Pemberlakuan arus satu arah tersebut, kata dia, hanya di kilometer 70 hingga kilometer 65 Tol Cikampek. Kondisi di sana memang mulai dipadati pemudik yang melangsungkan arus balik dari Jabar, Jateng dan Jatim.

Untuk memperlancar arus lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan, Benyamin juga mengimbau pemudik tidak berhenti di bahu jalan dan tempat istirahat Tol Cikampek.

Menurut dia, penumpukan kendaraan di tempat istirahat menjadi salah satu penyebab kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019.

BACA JUGA: Arus Balik Lebaran, Kendaraan Mulai Padati Tol Palimanan

"Jika ingin istirahat, istirahatlah di rest area Tol Cipali, Cipularang, atau rest area yang berada di sebelum KM 70," katanya.

Untuk mendukung kelancaran lalu lintas dan mencegah adanya penumpukan kendaraan, PT Jasamarga telah menyiapkan 25 gardu loket dengan empat gardu loket tambahan.

Beberapa petugas pengatur lalu lintas juga terpantau sedang bersiaga. Hingga sekitar pukul 18.00 WIB, berdasarkan catatan PT Jasamarga, volume kendaraan 38.259 unit yang masuk ke arah Jakarta.

Puncak arus balik Lebaran diperkirakan terjadi pada Minggu 9 Juni 2019. Kementerian Perhubungan dan pihak PT Jasamarga mengimbau masyarakat untuk balik pada 10-12 Juni 2019.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal