Ayah dan Anak di Cimahi Berhasil Dievakuasi Usai Terjebak di Sumur

Yuwono ยท Jumat, 01 November 2019 - 17:13 WIB
Ayah dan Anak di Cimahi Berhasil Dievakuasi Usai Terjebak di Sumur

Proses evakuasi dua korban yang terjebak di dalam sumur di Cimahi, Jabar, Jumat (1/11/2019). (Foto: iNews.id/Yuwono)

CIMAHI, iNews.idAyah dan anak di Kota Cimahi, Jawa Barat terjebak di sumur yang dalam dan berdiameter kecil, Jumat (1/11/2019). Beruntung korban dapat diselamatkan meski dalam kondisi lemas dan luka.

Bakri (60) dan anaknya Hendra (28) berhasil diselamatkan petugas pemadam kebakaran dari sumur sedalam 23 meter dan diameter kurang dari satu meter. Kedua warga Kampung Pengkolan, Gang H Toyib, RT 02 RW 06, Kelurahan Cibeber, Cimahi Selatan, Kota Cimahi segera dibawa ke Rumah Sakit Dustira, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi untuk menjalani perawatan.

Menurut ketarangan salah satu warga, Muhamad Soma, peristiwa bermula saat Bakri yang bermaksud memperdalam sumur miliknya agar dapat mengeluarkan air. Akibat musim kemarau, sumur milik korban mengering.

BACA JUGA: Hilang sejak Sore, Nenek 67 Tahun di Kulonprogo Jatuh ke Dalam Sumur

Bakri berusaha naik ke permukaan, namun di tengah jalan, dia mengalami kram dan terjatuh ke dasar sumur. “Mungkin faktor umur, jadi korban Bakri tidak kuat naik ke permukaan karena kram di tengah jalan dan jatuh,” kata Soma.

Anaknya, Hendra lantas bermaksud menolong ayahnya dengan masuk ke dalam sumur. Nahas, dia juga lemas diduga akibat oksigen di dalam sumur yang minim.

Warga yang mengetahui kejadian ini segera melapor ke petugas pemadam kebakaran. Tak lama, petugas datang dan melakukan prosedur penyelamatan para korban.

Menurut salah satu petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Eri Rukmana, proses penyelamatan terkendala diameter sumur yang sempit.

BACA JUGA: Keracunan Gas di Sumur, Begini Proses Evakuasi Jasad Pria asal Ponorogo

“Selain itu ada dua tangga di dasar sumur yang menghalagi korban ditambah oksigen yang minim,” katanya.

Beruntung petugas berhasil mengangkat Hendra terlebih dulu dilanjutkan Bakri setelah dua jam berusaha. Keluarga korban tampak histeris setelah mengetahui keduanya bisa diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit.


Editor : Umaya Khusniah