Begini Cerita Pengemudi Xenia Selamat dari Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

Irwan, Antara ยท Senin, 02 September 2019 - 22:03 WIB
Begini Cerita Pengemudi Xenia Selamat dari Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

Pengemudi Daihatsu Xenia, Reza menuturkan kronologi kecelakaan beruntun di Tol Cipularang. Reza kini masih dirawat di RS MH Thamrin Purwakarta. (Foto: iNews.id/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.idKecelakaan maut yang melibatkan 21 kendaraan di Jalan Tol Cipularang KM 91, Purwakarta menewaskan delapan orang dan puluhan lainnya luka-luka, Senin (2/9/2019).

Dari delapan korban yang meninggal dunia, ada yang meninggal akibat mengalami luka bakar dan ada juga yang meninggal di tempat kejadian. Selain korban meninggal, puluhan korban lainnya mengalami luka-luka.

Data yang dihimpun, Rumah Sakit Thamrin Purwakarta menangani tujuh korban meninggal dunia serta 24 korban luka. Kemudian Rumah Sakit Siloam Purwakarta menangani satu korban meninggal dan RSUD Bayu Asih Purwakarta menangani empat korban luka-luka.

Mayoritas korban luka alami memar di bagian kepala dan tangan. Sebagian lagi mengalami patah tulang.

Korban selamat, Reza menceritakan detik-detik kecelakaan beruntun yang menewaskan delapan orang itu.

Menurut Reza, kecelakaan maut itu diawali truk pasir yang terguling hingga mengakibatkan kemacetan. “Kronologisnya ada mobil muat pasir terbalik. Saya nggak lama keluar rest area. Dari situ saya lihat dari kejauhan itu sudah macet sekitar 500 meter,” katanya ditemui di RS MH Thamrin.

BACA JUGA: Kecelakaan Beruntun 21 Kendaraan di Tol Cipularang, Begini Kronologinya

Reza kemudian mencoba mengambil lajur kiri dan berjalan pelan-pelan menerobos kemacetan. “Saya lihat spion dari belakang itu mobil remnya sudah blong. Jadi mobil itu nyeret mobil dan bannya meledak, duarr. Saya lihat asap, beberapa detik. Mobil saya terlempar keluar hingga masuk jurang,” tuturnya.

Reza yang mengendarai Daihatsu Xenia hitam berhasil keluar dari dalam mobil. Dia kemudian ditolong sejumlah pekerja dan dibawa ke posko proyek di sekitar jalan tol tersebut.

“Saya keluar dari mobil, lalu saya lihat mobil meledak. Sangat cepat sekali. Saya langsung ditolong sama orang dibawa ke posko proyek. Saya lihat dari jauh, sebagian korban tidak bisa ditolong,” ucapnya.

BACA JUGA: Cerita Suherman Korban Selamat Kecelakaan Maut di Tol Cipularang Purwakarta

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengatakan, delapan orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di jalan tol Cipularang Kilometer 91 arah Jakarta."Sesuai dengan identifikasi, ada delapan orang yang meninggal akibat kecelakaan itu," katanya.

Peristiwa kecelakaan beruntun itu melibatkan 21 unit kendaraan. Di antaranya kendaraan sejumlah truk, kendaraan pribadi dan bus. Beberapa kendaraan terbakar dalam peristiwa itu.

"Ada empat kendaraan yang hangus terbakar, yakni tiga kendaraan pribadi dan satu kendaraan dump truk," kata dia. 


Editor : Kastolani Marzuki