BKSDA Cirebon Amankan 4 Buaya Dilindungi di Indramayu

Toiskandar ยท Kamis, 07 Februari 2019 - 19:42 WIB
BKSDA Cirebon Amankan 4 Buaya Dilindungi di Indramayu

Warga menyerahkan seekor buaya muara yang sudah tiga tahun dipeliharanya ke BKSDA Cirebon, Jawa Barat. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

INDRAMAYU, iNews.id – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cirebon, Jawa Barat mengamakan empat ekor dari tiga jenis buaya yang dilindungi di Indramayu, Kamis (7/2/2019).

Ketiga jenis buaya itu masing-masing dua buaya muara, sinyolung, dan Irian. Buaya-buaya itu sebelumnya dipelihara warga. Mereka kemudian secara sukarela menyerahkannya ke pihak BKSDA.

Tim evakuasi gugus tugas penyelamatan satwa dari Resor BSDA Wilayah Cirebon ini semula sempat kesulitan saat mengevakuasi seekor buaya jenis muara dari rumah seorang warga di Desa Tugu, Kecamatan Lelea, Indramayu. Buaya tersebut akhirnya berhasil dijinakan dengan cara diikat.

Kasi Konservasi Wilayah 6 Bidang BKSDA, Didin Saripudin mengatakan, pihak BKSDA sangat mengapresiasi inisiatif warga untuk menyerahkan buaya peliharaannya. Sebab, ketiga jenis buaya ini merupakan satwa yang sangat dilindungi dan tidak diperkenanakan untuk dipelihara.

“Ada empat buaya dari tiga jenis buaya yang diserahkan warga ke kami (BKSDA). Usia predator itu ada yang 3 tahun dan 7 tahun. Kami mengimbau warga yang memiliki satwa dilindungi agar menyerahkan ke pihak BKSDA,” katanya.

BACA JUGA:

Penyu Air Tawar Raksasa Ditemukan Warga di Sungai Yogyakarta

BBKSDA Akan Giring Lumba-Lumba di Sungai Kualuh ke Laut

Pemilik buaya, Edi Supradi mengaku, buaya muara yang dipeliharanya didapat dari hasil memancing di Sungai Cimanuk. “Kemduian buaya ini saya pelihara selama tiga tahun,” ucapnya.

Edi mengaku baru mengetahui jika buaya tersebut meruakan satwa yang dilindungi. Karena itu, dengan kesadarannya dia pun langsung menyerahkan binatang yang sudah dipeliharanya itu ke BKSDA.


Editor : Kastolani Marzuki