Buang Limbah Sembarangan, Restoran di Bandung Ini Terancam Ditutup

Yogi Pasha ยท Sabtu, 24 November 2018 - 15:01 WIB
Buang Limbah Sembarangan, Restoran di Bandung Ini Terancam Ditutup

Ilustrasi. (Foto: Sindonews.com)

BANDUNG, iNews.id - Dua restoran yang berada di kawasan Jalan Lombok, Bandung Wetan, Kota Bandung terancam ditutup. Karena diduga telah membuang limbah cair ke saluran air tanpa melalui prosedur yang ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, memberi teguran keras kepada pemilik dua restoran tersebut. Mereka diminta melakukan perbaikan tata cara pembuangan limbah atau izin usahanya akan dicabut.

"Kita imbau semua restoran di Kota Bandung untuk ikuti aturan yang ada. Jangan sampai ada laporan yang menyalahi aturan," ujar Yana usai melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke kawasan Jalan Lombok Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (24/11/2018).

BACA JUGA: Timbun Puluhan Elpiji Bersubsidi, Rumah Makan di Makassar Kena Sidak

Menurut Yana, Pemkot Bandung telah mempermudah regulasi bagi mereka yang ingin membangun usaha di daerahnya. Karena itu, berbagai aturan dan ketentuan yang ada harus dapat dipatuhi.

"Jangan sampai merugikan masyarakat. Kan kalau sudah begini bau (tak sedap) setiap hujan," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, M Salman Fauzi mengatakan, setiap restoran wajib membuat Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC) sebelum memulai usaha.

Alasannya, pembuangan limbah untuk usaha rumah makan umumnya tanpa menggunakan saluran terbuka. Maka itu, dia menekankan perlunya pengolahan limbah secara tepat, tak bisa sembarangan.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Siapkan Alat Pengeruk Sampah Atasi Limbah Sungai Citarum

"Ini bukan saluran terbuka seperti resapan air atau saluran air hujan. Semua harus ada pengolahan yang baik dan sesuai aturan," ucap Salman.

Soal sanksi terhadap kedua restoran yang diduga membuang limbah tak sesuai aturan, Salman mengatakan, akan melalui proses bertahap. Mulai dari teguran hingga pencabutan izin jika terus melanggar.

"Pertama administrasi berupa teguran, kedua paksaan untuk perbaikan dan terakhir cabut izin," tutur Salman.

Dua restoran yang diketahui membuang limbah cair secara ilegal itu diduga berasal dari Restoran Korea Donwoori dan Restoran Fish Wow Cheeseee (FWC) yang berada saling berseberangan di Jalan Lombok.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal