Bulan Ini, Bandara Internasional Kertajati Buka Penerbangan Umrah

Yogi Pasha ยท Selasa, 02 Oktober 2018 - 11:29 WIB
Bulan Ini, Bandara Internasional Kertajati Buka Penerbangan Umrah

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghadiri rapat dengan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, di Kantor Kemenko Maritim, Jl. MH Thamrin Jakarta, Senin (01/10/18). (Foto: Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus meningkatkan fasilitas dan layanan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Selain menambah panjang runway menjadi 3.000 meter, Pemprov Jabar juga bakal membuka penerbangan bagi masyarakat yang akan umrah ke Tanah Suci, I Mekah. 

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, penambahan landasan pacu di BIJB menjadi 3.000 meter sedang dilakukan. Landasan pacu itu diperpanjang dari awalnya 2.500 meter.  "Biar bandaranya keren, kami perpanjang runway jadi 3.000 meter," kata Gubernur yang akrab disapa Emil itu, usai Rapat dengan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, di Kantor Kemenko Maritim, Jalan MH Thamrin Jakarta, Senin (01/10/18).

Emil juga menyebut, tahun ini BIJB bakal digunakan untuk umrah, menggunakan maskapai Boeing 737 Max 8 yang akan langsung ke Madinah. Pihak BIJB pun terus berkoordinasi dengan maskapai dan travel, demi lancarnya rencana tersebut.

"Insya Allah umrah pertama juga akan dites 13 Oktober 2018. Jemaah umrah Jawa Barat ini besar sekali setiap tahun. Menunjukan ekonomi juga baik. Salah satu ukuran ekonomi baik, banyak warga yang umrah," kata Emil.

“Jadi Alhamdulilah hari ini urusan Kertajati oleh saya selesai. Mulai besok sudah tanda tangan banyak dokumen," tambahnya.

Selain itu, untuk mendorong lalu lintas BIJB, telah direncanakan pula pemindahan operasional maskapai dari Bandara Husein Sastranegara Bandung. Maka untuk mendukung pemindahan operasional tersebut, dibutuhkan pula pengembangan fasilitas infrastruktur di sekitar BIJB yang terus digenjot.

“Aksesibilitas, terus disiapkan. Selain itu, kawasan sekitar bandara juga terus dipantau perkembangannya. Karena BIJB akan menjadi sentra ekonomi baru di kawasan timur Jawa Barat,” ucap Emil.


Editor : Himas Puspito Putra