Bus PO Luragung Jaya Tabrak 3 Mobil dan 5 Motor di Kuningan, 12 Korban Luka-luka

Toiskandar ยท Selasa, 15 Oktober 2019 - 11:33 WIB
Bus PO Luragung Jaya Tabrak 3 Mobil dan 5 Motor di Kuningan, 12 Korban Luka-luka

Bus PO Luragung Jaya ringsek setelah menabrak sejumlah mobil dan sepeda motor di Jalan Mohammad Toha Kedungarum, Kabupaten Kuningan, Jabar, Senin malam (15/10/2019). (Foto: iNews/Toiskandar)

KUNINGAN, iNews.id – Bus PO Luragung Jaya jurusan Jakarta-Kuningan menabrak tiga mobil dan lima motor di Jalan Mohammad Toha Kedungarum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), Senin malam (15/10/2019). Akibat kecelakaan itu, 12 orang mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Kecelakaan beruntun itu juga mengakibatkan sejumlah kendaraan baik mobil dan sepeda motor yang ditabrak rusak parah. Selain itu, sebuah rumah rusak karena diseruduk salah satu mobil yang ditabrak bus.

Kejadian tersebut bermula ketika Bus Luragung Nomor Polisi E 7735 YA melewati Jalan Mohamamd Toha Kadungarum, Senin malam, sekitar pukul 20.00 WIB. Karena kondisi jalanan menurun, tiba-tiba saja rem bus blong sehingga pengemudi tidak bisa mengendalikan.

 

BACA JUGA:

Minibus Rombongan Pengantin Tabrak Truk Tronton di Langsa Aceh Utara, 2 Tewas dan 17 Luka

Kecelakaan Maut Bus PMTOH di Kuansing Riau, 6 Penumpang Tewas dan 9 Luka-luka

 

Bus langsung menabrak tiga mobil yang berada di depannya hingga rusak parah, masing-masing sedan Corolla, minibus Toyota Avanza dan mobil boks. Sopir bus yang panik tidak bisa berbuat apa-apa hingga bus juga menabrak lima sepeda motor hingga masuk ke parit.

Sementara mobil boks yang ditabrak bus juga menabrak sebuah rumah warga hingga akhirnya lajunya terhenti. Akibatnya bagian depan rumah yang ditabrak rusak parah. Kondisi Bus Luragung jurusan Jakarta-Kuningan juga ringsek di bagian depan.

“Waktu saya lihat bus lewat dari Jalan Raya Kadungarum, bus itu sudah oleng. Sopirnya sudah kasih aba-aba beberapa kali membunyikan klaksonnya. Bus langsung menyerempet tiga mobil dan lima motor, baru berhenti,” kata warga, Engkos, Selasa (15/10/2019).

Mobil boks yang ditabrak Bus PO Luragung Jaya ringsek setelah menyeruduk rumah warga di Jalan Mohammad Toha Kedungarum, Kabupaten Kuningan, Jabar, Senin malam (15/10/2019). (Foto: iNews/Toiskandar)

 

Petugas kecelakaan lalu lintas Polres Kuningan yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dugaan sementara, bus mengalami rem blong sehingga langsung menabrak sejumlah kendaraan di depannya.

“Diduga kecelakaan ini karena rem bus tidak berfungsi. Tapi, nanti akan kami tindak lajuti lagi penyebab pasti kecelakaan dengan melibatkan ahlinya. Kami kami periksa lebih lanjut,” kata Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Sofyan Efendi.

Dia mengatakan, kecelakaan itu mengakibatkan 12 orang mengalami luka serius. Para korban sudah dilarikan ke Rumah Sakit Wijaya Kusumah untuk mendapat perawatan. “Alhamdulillah tidak ada korban yang meninggal. Sebanyak 12 korban yang luka-luka, termasuk sopir bus sudah dirawat di rumah sakit,” kata Sofyan Efendi.

Pascakejadian, arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan hingga dua jam. Untuk penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab kecelakaan, petugas Unit Laka Lantas Polres Kuningan mengamankan sopir bus.


Editor : Maria Christina