Cegah Kasus Penumpang Serang Sopir, KNKT Usulkan Kabin Khusus di Bus

Toiskandar ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 23:05 WIB
Cegah Kasus Penumpang Serang Sopir, KNKT Usulkan Kabin Khusus di Bus

Pimpinan Tim Investigasi KNKT Cahmad Wildan (kanan) berbincang dengan Kasatlantas Polres Majalengka AKP Atik Suswanti di RS Mitra Plumbon. KNKT mengusulkan kabin khusus bagi sopir bus. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus menyelidiki kecelakaan maut beruntun di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, yang merenggut 12 korban tersebut pada Senin (17/6/2019) dini hari lalu.

Setelah melakukan investigasi di lokasi kejadian dan kondisi kendaraan, pihak KNKT kemudian mendatangi Rumah Sakit (RS) Mitra Plumbon, Cirebon untuk meminta keterangan para korban selamat.

Pimpinan Tim Investigasi KNKT, Achmad Wildan mengatakan, dari investigasi sementara, kondisi Bus Safari Luxury dalam kondisi baik.

Namun dari laporan polisi, kata dia, dugaan penyebab kecelakaan maut ini diakibatkan adanya seorang penumpang yang menyerang sopir bus. Karena itu, KNKT melihat dari kasus tersebut perlu adanya hal yang bisa melindungi sopir bus dari upaya gangguan-gangguan yang mengancam pengemudi yang bisa berakibat sangat fatal.

“Kita akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk membuat kabin atau pelindung khusus bagi sopir bus saat mengemudi. Di pesawat dan kereta sudah,” katanya, Achmad Wildan, Selasa (18/6/2019).

BACA JUGA:

Resmi Tersangka, Penyerang Sopir Bus Maut Tol Cipali Akan Dibawa ke Majalengka

Analisis Penyebab Kecelakaan di Tol Cipali, Kakorlantas: 1 hingga 2 Hari Tuntas

Sementara itu, Polres Majalengka berencana memindahkan tersangka Amsor, penumpang bus yang menyerang sopir dari RS Mitra Plumbon ke RS Majalengka untuk memudahkan proses pemeriksaan dan penyelidikan.

Warga Watubelah, Sumber, Kabupaten Cirebon itu hingga kini masih mendapat perawatan intensif akibat mengalami luka serius. “Kita akan koordinasi dengan pihak RS Majalengka untuk memindahkan tersangka A,” kata Kasatlantas Polres Majalengka AKP Atik Suswanti.


Editor : Kastolani Marzuki