Geger, 10 Makam di TPU Pakemitan Tasikmalaya Kembali Terbongkar

Asep Juhariyono ยท Rabu, 13 November 2019 - 15:15 WIB
Geger, 10 Makam di TPU Pakemitan Tasikmalaya Kembali Terbongkar

Kondisi makam di TPU yang baru saja dibongkar orang tak dikenal. (Foto: iNews.id/Asep Juhariyono).

TASIKMALAYA, iNews.id - Warga Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), gempar dengan dugaan pembongkaran makan di TPU Pakemitan, Rabu (12/11/2019). Warga bersama anggota TNI dan polisi pun terpaksa ronda malam untuk menjaga areal kuburan tersebut.

Warga sekitar lokasi TPU, Dodo mengatakan, kejadian ini sudah dua kali terulang. Pertama kali pada Jumat pekan lalu sebanyak 25 makam dibongkar, dan terjadi lagi malam tadi.

"Totalnya ada 10 makam yang dibongkar," kata Dodo kepada iNews di TPU Pakemitan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

BACA JUGA: Polisi Dalami Kasus Pembongkaran 25 Makam di TPU Pakemitan Tasikmalaya, Tidak Ada Jasad Dicuri

Pembongkaran 10 makam ini diketahui warga yang bermaksud pergi ke kebun. Saat melintasi kuburan tersebut, dia mendapati ada sebuah makam yang tanahnya acak-acakan, seperti baru digali.

Warga akhirnya melaporkan kejadian ini kepada aparat desa setempat. Kemudian diteruskan ke petugas kepolisian dan TNI. Mereka pun mendatangi lokasi untuk memastikan tersebut.

"Kalau kata orang yang sempat melihat, di sana sempat ada anjing. Tapi kan itu gosip yang beredar," ujar dia.

BACA JUGA: Makam Petani di Kuningan Dibongkar untuk Diautopsi, Korban Diduga Tewas Dibunuh

Menurut dia, pembongkaran makam oleh orang tidak dikenal dilakukan pada Rabu dini hari saat warga yang bertugas ronda pulang ke rumah masing-masing. Warga pun resah, karena khawatir makam keluarga mereka jadi korban pembongkaran oknum tersebut.

Mereka juga tidak paham motif pelaku membongkar makam-makam ini. Hingga saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan polisi. Masyarakat di sekitar TPU pun sepakat mengadakan ronda bergilir untuk mengantisipasi aksi serupa ke depannya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal