Gempa 3,9 SR Guncang Sukabumi, Pusatnya di Darat dengan Kedalaman 1 Km

Antara ยท Rabu, 21 Agustus 2019 - 07:30 WIB
Gempa 3,9 SR Guncang Sukabumi, Pusatnya di Darat dengan Kedalaman 1 Km

Ilustrasi gempa. (Foto: Dok iNews)

SUKABUMI, iNews.id - Gempa berkekuatan 3,9 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Rabu (21/8/2019) pukul 03.06 WIB. Pusat gempa berada di darat dengan kedalaman satu kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, titik gempa berada di 6,77 lintang selatan dan 106,52 bujur timur, atau 24 kilometer barat laut Sukabumi.

"Kedalaman satu kilometer," kata Kepala Bidang Pusat Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Tiar Prasetya.

Gempa disebut tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan laporan dari masyarakat dan peta tingkat guncangan BMKG, gempa dirasakan di wilayah Bogor dan Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Berdasarkan monitoring BMKG terhitung sejak 10 Agustus 2019 ada 43 kali gempa pendahuluan yang terjadi di wilayah tersebut, dan menunjukkan tiga aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. Dia juga meminta warga tak terpengaruh informasi beredar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal