Gempa Sukabumi Terasa hingga Garut, Warga Berlarian Keluar Rumah

Antara ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 18:35 WIB
Gempa Sukabumi Terasa hingga Garut, Warga Berlarian Keluar Rumah

Gempa 5,4 SR mengguncang wilayah Sukabumi dan terasa hingga sejumlah wilayah di Jawa Barat, Selasa (8/1/2019) sore. (Foto: BMKG)

GARUT, iNews.id - Sejumlah warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat, merasakan guncangan gempa bumi yang berpusat di Sukabumi, Selasa (8/1/2019) sore tadi. Gempa yang berlangsung cepat membuat warga khawatir hingga spontan berlarian keluar rumah.

Rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tersebut berkekuatan 5.4 Skala Richter (SR) dengan lokasi gempa di 113 km Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km.

Seorang warga Garut, Kusuma mengatakan, gempa dirasakan sangat kencang, tetapi hanya berlangsung sesaat. Meskipun sebentar, gempa tersebut sempat membuat kaget. Bahkan dia spontan keluar rumah karena takut, sekaligus ingin memastikan kondisi warga lainnya di luar rumah.

"Gempanya lumayan sangat terasa," kata Kusuma yang juga warga Perumahan Malayu Selaras, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Selasa (8/1/2019).

BACA JUGA: Gempa Tektonik Berkekuatan 5,4 SR Guncang Sukabumi, Terasa di Bandung

Warga lainnya, Firman mengatakan, guncangan gempa bumi tersebut tidak terlalu dirasakan kuat. Ini berbeda dengan guncangan gempa bumi sebelumnya yang berlokasi di Barat Daya Tasikmalaya pada Senin (7/1/2019) malam.

"Kalau malam terasa ada gempa, tapi sekarang tidak, namun warga lain di komplek saya katanya merasakan gempa," kata Firman.

Sebelumnya, guncangan gempa bumi pernah terjadi dan dirasakan banyak warga di Kabupaten Garut, bahkan daerah kabupaten sekitarnya dengan kekuatan gempa magnitude 4.8 di 62 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 21 km pukul 22.04 WIB.

Kemudian guncangan gempa kembali dirasakan warga dengan kekuatan magnitude 5.4, gempa tersebut terjadi di 113 km Barat Daya Kota Sukabumi, dengan kedalaman 10 km.


Editor : Himas Puspito Putra