Gunung Tangkuban Parahu Embuskan Kolom Abu 100 Meter

Yuwono ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 16:30 WIB
Gunung Tangkuban Parahu Embuskan Kolom Abu 100 Meter

Erupsi Gunung Tangkuban Parahu dengan ketinggian kolom abu mencapai 100 meter dari dasar kawah. (Foto: iNews/Yuwono).

BANDUNG, iNews.id - Gunung Tangkuban Parahu yang berada di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu mencapai 100 meter dari dasar kawah. Kepulan asap terpantau mencapai 200 meter di puncak gunung api yang memiliki ketinggian 2.084 mpdl tersebut.

Petugas PVMBG, Hendri mengatakan, amplitudo Gunung Tangkuban Parahu mencapai 15-20 mm. Erupsi terjadi fluktuatif, dan pada Senin (12/8/2019) memiliki ketinggian mencapai 100 meter dari dasar kawah.

BACA JUGA: Aktivitas Vulkanis, Gunung Tangkuban Parahu Keluarkan Lagi Asap Putih

"Ketinggian asap mencapai 200 meter. Kondisinya masih waspada," kata Hendri kepada wartawan di Pos Pemantauan Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jabar.

Hingga kini status gunung masih berada di Level II atau Waspada. Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan wisatawan atau pendaki, tidak mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu dalam radius 1,5 kilometer dari kawah aktif.

BACA JUGA: Erupsi Terus Menerus, Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu Kembali Ditutup

Sebelumnya, kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu kembali ditutup pada Jumat (2/8/2019). Penutupan ini setelah gunung api tersebut kembali erupsi pada Kamis (1/8/2019) pukul 20.46 WIB.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal