H-1 Lebaran, Gerbang Tol Cikarang Utama Ramai Lancar

Irwan · Selasa, 04 Juni 2019 - 11:30 WIB
H-1 Lebaran, Gerbang Tol Cikarang Utama Ramai Lancar

Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama tampak lancar. (Foto: iNews/Irwan).

PURWAKARTA, iNews.id - Satu hari jelang lebaran, gelombang arus mudik dari arah Jakarta menuju Cirebon di Gerbang Tol Cikampek Utama, Purwakarta, Jawa Barat, terpantau padat. Meski terdapat antrean, namun arus lalu lintas tampak lancar.

Pantauan iNews.id pada Selasa (4/6/2019) 07.30 WIB, antrean kendaraan mencapai 100 meter. Meski kepadatan terjadi ke arah belakang gerbang tol, namun setelah loket pembayaran tol, kendaraan sudah bisa melaju dengan lancar.

"Perjalanan juga lancar H-1 lebaran ini," kata seorang pemudik, Tomo, kepada iNews di Gerbang Tol Cikampek Utama, Purwakarta, Jabar.

BACA JUGA: One Way Dihentikan, Tol Jakarta-Palimanan Kini Normal 2 Arah

Dia mengatakan, sengaja melangsungkan perjalanan pada H-1 karena arus mudik diprediksi lancar. Selain itu, Tomo mengatakan, kampung halamannya berada di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), sehingga tak perlu terburu-buru memulai perjalanan.

Pemudik lainnya, Yayan, juga memilih mudik pada H-1 lebaran karena alasan tak melakukan perjalanan jauh. Dia hanya pulang kampung ke Kota Subang, Jabar.

"Dekat saya, cuma ke Subang. Tapi jalan sekarang supaya tidak macet," katanya.

BACA JUGA: H-2 Lebaran Arus Lalu Lintas ke Jateng Lancar, Ciputat- Pejagan 3 Jam 15 Menit

Sebagian besar warga di kota-kota penyangga Ibu Kota memang sudah lebih dulu melangsungkan perjalanan mudik pada Sabtu dan Minggu lalu, sehingga arus lalu lintas di jalan tol hari ini terpantau sedikit longgar.

Sementara itu, sistem one way atau arus satu arah dari Gerbang Tol Cikarang Utama kilometer 70 hingga 414, sudah tidak diberlakukan lagi. Alasannya, karena volume kendaraan mudik sudah berkurang cukup signifikan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal