H-4 Lebaran, Tol Cipali Subang Macet Belasan Kilometer

Yudy Heryawan Juanda ยท Sabtu, 01 Juni 2019 - 10:18 WIB
H-4 Lebaran, Tol Cipali Subang Macet Belasan Kilometer

Kendaraan memadati Tol Cipali Subang, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Kendaraan sempat macet belasan kilometer karena banyak mobil yang keluar masuk dari rest area. (Foto: iNews/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id – Memasuki H-4 Lebaran, arus mudik di Tol Cipali, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), macet hingga belasan kilometer (km). Kemacetan dipicu oleh aktivitas kendaraan pemudik yang keluar masuk di rest area.

Dari pantauan iNews, ribuan kendaraan dari Jakarta menuju Palimanan ini berjalan merayap sejak dari km 75 hingga mendekati rest area km 86 wilayah Cipeundeuy Subang.

Laju kendaraan dengan sistem one way yang diberlakukan sejak pagi, sebenarnya relatif berjalan baik. Sistem ini mampu membuat arus lalu lintas lancar meskipun volume kendaraan masih sangat tinggi hingga terus memadati ruas Tol Cipali Subang.

BACA JUGA:

Mobil Mogok Picu Antrean Kendaraan hingga 3 Km di Tol Kanci-Pejagan Cirebon

One Way Ditutup, Arus Lalin di Tol Palikanci dan Pantura Pemalang Merayap

Namun, lantaran aktivitas keluar masuk kendaraan di sekitar rest area km 86, terjadi penumpukan kendaraan. Untuk mengatasi, petugas telah memberlakukan sistem buka tutup di pintu masuk rest area.

Selain itu, banyaknya kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol untuk membeli minuman atau beristirahat juga menyebabkan kemacetan. Pasalnya, banyak penjual kopi yang menjajakan dagangan di bahu jalan tol.

Petugas terpaksa membubarkan pedagang yang berjualan di bahu jalan tol. Diperkirakan volume kepadatan kendaraan di ruas Tol Cipali Subang masih akan terus terjadi hingga mendekati Lebaran.


Editor : Maria Christina