Hujan Deras, 2 Kecamatan di Kabupaten Bandung Banjir hingga 1 Meter

Yogi Pasha ยท Kamis, 08 November 2018 - 10:24 WIB
Hujan Deras, 2 Kecamatan di Kabupaten Bandung Banjir hingga 1 Meter

Ilustrasi banjir. (Foto: Okezone)

BANDUNG, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung Raya pada Rabu (7/11/2018) kemarin, mengakibatkan dua kecamatan di Kabupaten Bandung terendam banjir, Kamis (8/11/2018) pagi. 

Dua kecamatan yang terendam itu merupakan kawasan langganan banjir, masing-masing Baleendah dan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Banjir diduga berasal dari meluapnya air Sungai Citarum akibat hujan yang mengguyur Bandung raya sejak Rabu sore hingga malam tadi. 

Warga Dayeuhkolot, Enay mengatakan, banjir yang merendam pemukiman warga diduga akibat debit air yang meluap dari Sungai Citarum. Hujan deras terjadi merata hampir diseluruh wilayah Bandung Raya pada Rabu (7/11/2018) kemarin. 

"Air sangat cepat naiknya. Banyak warga yang enggak sempat menyelamatkan barang-barang. Ketinggian air sekitar satu meter," kata Enay, Kamis (8/11/2018).

Dia menyebut, upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi banjir dengan membangun kolam retensi ternyata tidak berdampak signifikan. Sebab, hujan yang baru mengguyur wilayah Kabupaten Bandung beberapa jam saja tetap membuat Kecamatan Dayeuhkolot dan Baleendah terendam banjir. "Enggak ada hasilnya kolam retensi. Tetap banjir di sini," ujar dia. 

Seperti diketahui, beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung memang kerap menjadi daerah banjir ketika musim hujan terjadi. Kecamatan Dayeuhkolot dan Baleendah merupakan salah satu wilayah yang paling sering dilanda banjir. 


Editor : Himas Puspito Putra