Ingin Menangkan Calon Kades, Warga di Garut Ancam Pemilih Pilkades Pakai Golok

Antara ยท Rabu, 06 November 2019 - 15:45 WIB
Ingin Menangkan Calon Kades, Warga di Garut Ancam Pemilih Pilkades Pakai Golok

Seorang personel TNI turun mengamankan pelaksanaan pilkades. (Foto: Dok iNews).

GARUT, iNews.id - Seorang warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), mengancam warga dengan golok agar memilih calon kepala desa yang menjadi pilihannya di Pilkades Tanjungkarya. Pelaku kini diamankan petugas karena ulahnya tersebut menimbulkan keresahan warga.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah mengatakan, pelaksanaan pilkades di Desa Tanjungkarya, Kecamatan Semarang, sempat gaduh. Karena ada warga yang mengancam pemilih dengan senjata tajam.

"Satu orang tersebut sudah diamankan," kata Dede kepada wartawan di Kabupaten Garut, Jabar, Rabu (6/11/2019).

BACA JUGA: Anak Kades di Bengkulu Utara Ditangkap karena Bakar Mobil Tetangga

Dia mengatakan, warga tersebut memaksa pemilih yang lain untuk menyalurkan hak suaranya untuk kandidat kepala desa pilihan pelaku. Paksaan tersebut disertai ancaman dengan golok.

Masyarakat kemudian bersama jajaran polisi dan TNI langsung mengamankan pelaku ke Mapolres Garut. Pelaku kini sudah ditahan dan akan menjalani proses hukum. Dia dijerat dengan Undang-Undang Darurat karena membawa senjata tajam, kini terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

Insiden itu, kata dia, tidak mengganggu proses pelaksanaan pilkades di Desa Tanjungkarya mulai dari tahapan pencoblosan sampai penghitungan dan penetapan calon kepala desa terpilih.

BACA JUGA: Kades Aktif di Bojonegoro Masuk Penjara karena Korupsi Dana Desa

"Proses sampai hasil tidak terganggu karena semua masyarakat sudah sepakat untuk menjaga situasi tetap aman," ujarnya.

Dia menambahkan, jajarannya telah menyebarkan personel untuk mengamankan tahapan pelaksanaan pilkades serentak di 125 desa. Pantauan di lapangan, kata dia, pesta demokrasi di tingkat desa berjalan lancar dan partisipasi masyarakat terbilang cukup tinggi.

"Kami beberapa kali melakukan patroli, semuanya lancar, partisipasi masyarakat bagus dari pagi sampai malam," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal