Intensitas Hujan Tinggi, Wilayah Ciayumajakuning Rawan Bencana

Sindonews ยท Senin, 03 Desember 2018 - 15:49 WIB
Intensitas Hujan Tinggi, Wilayah Ciayumajakuning Rawan Bencana

Ilustrasi cuaca buruk. (Foto: Okezone)

MAJALENGKA, iNews.id – Tingginya intensitas curah hujan beberapa waktu belakangan membuat wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) rawan mengalami bencana. Warga diminta waspada dan menyiapkan diri guna mengantisipasi bencana akibat cuaca buruk yang diperkirakan akan terjadi pada akhir Desember mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Jatiwangi menyebut, hal itu seiring dengan meningkatnya intensitas hujan yang terjadi di lima kabupaten/kota tersebut. Peningkatan curah hujan diperkirakan selaras dengan munculnya awan Kumulonimbus di sejumlah tempat.

"Sekarang sudah mulai ada (kumulonimbus), tapi belum ekstrem. Mulai meningkat itu Desember akhir," kata Prakirawan BMKG, Ahmad Faa Iziyn, Senin (3/12/2018).

Faiz, sapaan akrab Faa Iziyn mengatakan, hujan disertai petir dan angin kencang, merupakan beberapa bahaya yang mengancam seiring munculnya awan kumulonimbus itu.

 "Awan tampak hitam pekat, dengan jarak yang (terlihat lebih) dekat. Ketika pagi hari cuaca cukup terik, tetapi ada awan putih yang membentuk gumpalan vertikal, lalu pada siang hari berubah mendung, bisa menjadi tanda-tanda bahaya yang bisa mengancam, seperti petir dan angin kencang," ujar dia.

Selain itu, naiknya intensitas hujan dan munculnya awan kumulonimbus juga kerap memicu turunnya hujan es. "Namun hujan es ini lebih berpotensi terjadi pada daerah yang suhu udaranya rendah, seperti di Bandung. Kalau di sini (Majalengka), mungkin daerah (Kecamatan) Maja," papar Faiz


Editor : Himas Puspito Putra