Kabur usai Beraksi, 2 Pelaku Begal di Cimahi Malah Masuk Markas TNI

Sindonews ยท Senin, 09 September 2019 - 09:55 WIB
Kabur usai Beraksi, 2 Pelaku Begal di Cimahi Malah Masuk Markas TNI

Kasat Reskrim Polres Cimahi, AKP Yohanes Redhoi Sigiro. (Foto: Sindonews).

CIAMAHI, iNews.id - Dua pelaku begal di Kota Cimahi, Jawa Barat (Jabar), diamankan prajurit TNI dan warga setelah beraksi di depan Gereja Santo Ignatius, Sabtu (7/9/2019). Mereka yang kabur dari kejaran korban dan warga sekitar, malah masuk ke Markas TNI Pusdikhub AD.

Para pelaku, Deri Kustiawan alias Udon (25) warga Kota Cimahi dan Febrian Elly alias Ambon (30) warga Kabupaten Bandung Barat (KBB), kini mendekam di Mapolres Cimahi.

"Mereka merampas ponsel korban. Namun saat kabur malah masuk ke kantin Pusdikhub TNI AD," kata Kasat Reskrim Polres Cimahi, AKP Yohanes Redhoi Sigiro, saat dikonfirmasi, Senin (9/9/2019).

BACA JUGA: Mengaku Tak Sengaja, Pelaku Begal Payudara di Madina Sumut Diamuk Massa

Kronologinya, kata dia, pelaku awalnya memepet korban yang bermain ponsel sambil berkendara. Kemudian, mereka menendang motor korban hingga terjatuh, dan merampas ponsel tersebut.

Korban pun meminta tolong, dan para pelaku lansung melarikan diri. Warga yang berada di sekitar lokasi kemudian mengejar Udon dan Ambon hingga masuk ke kawasan Pusdikhub TNI AD.

"Warga yang mengejar berteriak dan didengar oleh aparat TNI yang tengah berjaga, sehingga dilakukan pengejaran dan berhasil menangkap para pelaku," ujar dia.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Komplotan Begal Sadis di Lampung, 1 Pelaku di Bawah Umur

Masyarakat yang marah sempat menghajar habis-habisan kedua pelaku. Untungnya mereka sempat dilerai prajutit TNI yang bertugas. Mereka kemudian dibawa ke Mapolres Cimahi.

Yohanes mengatakan, aksi kejahatan ini sendiri berawal karena kelalaian korban yang berkendara sambil bermain ponsel. Karena itu, dia mengimbau masyarakat tidak melakukan perbuatan serupa, lantaran dapat memancing pelaku kejahatan beraksi.

"Terima kasih juga kepada rekan-rekan TNI atas bantuan dan kepeduliannya dalam memerangi tindak kejahatan di wilayah hukum Kota Cimahi," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal