Kasus Kapolsek Kirim Miras ke Mahasiswa Papua di Bandung, Ini Penjelasan Polri

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:23 WIB
Kasus Kapolsek Kirim Miras ke Mahasiswa Papua di Bandung, Ini Penjelasan Polri

Ilustrasi Polri. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Polri bergerak cepat dengan memeriksa anggotanya yang diduga mengirimkan dua paket dus berisi minuman keras (miras) ke asrama Papua di kawasan Cilaki, Kota Bandung. Selain itu, oknum yang bersangkutan juga telah dibebastugaskan dari jabatannya sebagai Kapolsek Sukajari.

"Yang bersangkutan sudah diperiksa Propam dan saat ini telah dinonaktifkan jabatannya," ujar Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2019).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pengiriman dua dus miras tersebut merupakan inisiatif Kompol Sarce Christiaty Leo Dima. Sang polwan yang sama-sama merupakan perantau, merasa mempunyai hubungan emosional dengan mahasiswa Papua di Bandung.


BACA JUGA:

Diduga Kirim Miras ke Asrama Papua di Bandung, Oknum Kapolsek Diperiksa Propam

Kirim 2 Dus Miras ke Asrama Papua di Bandung, Oknum Kapolsek Dibebastugaskan


“Jadi Kompol Sarce ini ada kesamaan rantauan dari (Indonesia) Timur. Yang bersangkutan punya hubungan emosional yang sudah dibangun sejak dirinya berdinas di Jawa Barat, tepatnya di Bandung,” kata Trunoyudi, dalam jumpa pers di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jumat (23/8/2019).

Menurutnya, apa yang dilakukan polwan perwira menengah Polri merupakan dorongan atas kedekatan emosional tersebut dengan warga Papua.

“Tindakan Kompol Sarce itu inisiatif pribadi. Polda Jabar justru berkomitmen untuk menjamin keamanan para mahasiswa Papua dan Papua Barat. Artinya, agar kita di Jawa Barat ini guyub. Kita bersatu,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw