Kebakaran di Stasiun Kereta Api Purwakarta, 12 Gerbong Hangus Dilalap Api

Irwan ยท Sabtu, 06 Juli 2019 - 09:35 WIB
Kebakaran di Stasiun Kereta Api Purwakarta, 12 Gerbong Hangus Dilalap Api

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar belasan gerbong kereta api di Stasiun Kereta Api Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019). (Foto: iNew/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id – Kebakaran terjadi di kawasan Stasiun Kereta Api Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), Sabtu dini hari (6/7/2019). Diperkirakan ada 12 gerbong kereta yang terbakar. Penyebab kebakaran belum diketahui.

Dari pantauan, api besar terus membakar gerbong kereta api bekas yang sudah tidak terpakai di areal Stasiun Kereta Purwakarta. Banyaknya bahan yang mudah terbakar seperti busa dan tempat duduk, membuat api terus membesar. Dalam waktu singkat, kobaran api merembet ke gerbong-gerbong kereta yang terparkir berjejer dan bertumpuk.

Menurut saksi mata, kebakaran 12 gerbong kereta api ini awalnya terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, Jumat malam (5/7/2019). Api pertama kali terlihat menyala di ujung gerbang kereta sebelah selatan atau bagian depan kereta. Api kemudian merembet ke badan gerbong lainnya.

“Awalnya saya pikir yang terbakar rumah warga, ternyata gerbong kereta di Stasiun Kota Purwakarta. Api langsung merembet ke gerbong lain, ada belasan yang terbakar,” kata warga, Diki.


BACA JUGA: Kebakaran di Cipinang Besar Jakarta Timur Hanguskan 32 Rumah


Kabid Sarana Prasarana Dinas Damkar Pemkab Purwakarta Dede Supriatna mengatakan, mereka turun ke lokasi kebakaran setelah mendapat informasi dari kepala Stasiun Kereta Purwakarta. Pihaknya langsung menerjunkan empat armada pemadam kebakaran ke lokasi ini.

Namun, petugas kesulitan memadamkan api karena terhalang pagar beton. Petugas baru bisa menyemprotkan air ke gerbong yang terbakar setelah merobohkan pagar beton. Selain itu, musim kemarau juga menjadi kendala pemadaman api yang membakar gerbong kereta api ini.

“Kami terkendala melakukan pemadaman karena masalah pasokan air. Pasokan air memang sedang sulit, apalagi sekarang lagi musim kemarau. Kami perkirakan ada 12 gerbong yang terbakar. Gerbong-gerbong ini tidak terpakai lagi,” katanya.

Dia menambahkan, penyebab kebakaran belum diketahui. Hingga kini petugas Polres Purwakarta masih menyelidiki. Warga sekitar masih ramai berbondong-bondong ke Stasiun Kereta Api Purwakarta untuk melihat proses pemadaman.


Editor : Maria Christina