Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai Capai 150 Hektare Dalam 5 Hari

Toiskandar ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 15:56 WIB
Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai Capai 150 Hektare Dalam 5 Hari

Kebakaran hutan di Gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat belum juga berhasil dipadamkan meski sudah 5 hari berlangsung. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

KUNINGAN, iNews.idKebakaran yang melanda hutan di Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat makin meluas mencapai lebih dari 150 hektare. Sebanyak 152 petugas gabungan masih terus dikerahkan untuk menanggulangi kebakaran tersebut.

Data pihak BPBD Kuningan mencatat area yang terbakar di Lereng Gunung Ciremai makin meluas. Kebakaran berawal dari wilayah Majalengka dan menyebrang ke wilayah Kuningan tepatnya terjadi di hutan Desa Padabenghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan makin meluas.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, Agus Mauludin, petugas masih terus berusahan memadamkan api meski dengan alat seadanya. Lokasi yang sulit serta hembusan angin kencang membuat proses pemadaman makin sulit.

“Sudah lima hari dan api belum sepenuhnya padam,” katanya.

BACA JUGA: Hutan Gunung Ciremai di Kuningan Terbakar, Luasnya Mencapai 100 Hektare

Agus menambahkan, dari pantauan petugas BPBD, ada dua titik api yang masih terpantau dari Posko Bukit Seribu Bintang. Meski demikian, titik api sudah mulai berkurang dibandingkan dua hari sebelumnya.

“Kebakaran ini diperkirakan berada di ketinggian 800 sampai 1200 di atas permukaan laut (MDPL),” katanya, Sabtu (26/10/2019).

Petugas gabungan yang dikerahkan terdiri atas BPBD, Polisi Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai, dan TNI-Polri. Sampai saat ini, petugas yang masih bertahan ada sekitar 50 personil di lokasi titik api.

Hingga kini, petugas gabungan masih terus berupaya memadamkan api dengan cara melakukan penyekatan area agar tidak meluas. Sementara penyebab kebakaran hingga saat ini masih belum diketahui.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di kawasan Blok Situmpuk, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Senin (21/10/2019). Kebakaran terus meluas hingga masuk ke wilayah perbatasan Kuningan, tepatnya kawasan Hutan Batukarang, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, Rabu (23/10/2019) kebakaran di Gunung Ciremai mencapai hampir 100 hektare dan terletak di ketinggian 1.800 hingga 2.000 meter diatas permukaan laut (MDPL).


Editor : Umaya Khusniah