Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang, Polisi: Dump Truk Kelebihan Muatan

Okezone ยท Selasa, 03 September 2019 - 17:16 WIB
Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang, Polisi: Dump Truk Kelebihan Muatan

Dump truk terbalik diduga karena kelebihan muatan di Tol Cipularang. (Foto: Okezone).

PURWAKARTA, iNews.id - Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 91, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), diduga berawal dari kecelakaan tunggal dump truk. Kendaraan yang mengangkut pasir tersebut dinilai kelebihan muatan.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, dump truk memang mengalami trouble (bermasalah).

"Kesalahannya akibat kelebihan muatan," kata Matrius kepada wartawan di Kabupaten Purwakarta, Jabar, Selasa (3/9/2019).

BACA JUGA: Isak Tangis Keluarga Iringi Pemulangan Korban Tewas Kecelakaan Tol Cipularang

Dari hasil olah TKP, kendaraan tersebut mengangkut 34 ton tanah merah. Padahal, kapasitas dari dump truk itu hanya 20 ton. Selain dump truk yang kelebihan muatan, kata dia, kondisi di lokasi kejadian juga menurun.

Karena itulah, sistem pengereman kendaraan besar ini terganggu. Sehingga, truk yang membawa tanah dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) menuju Karawang itu mengalami kecelakaan di lokasi tersebut.

"Untuk sopir masih kita periksa. Sampai saat ini statusnya masih saksi. Kami masih melakukan pengembangan," ujarnya.

BACA JUGA: Begini Cerita Pengemudi Xenia Selamat dari Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

Menurut dia, dugaan sementara ini masih belum dipastikan. Hingga kini polisi masih mendalami kasus kecelakaan yang menewaskan delapan orang di Tol Cipularang KM 91+200, di antaranya dengan memeriksa saksi-saksi.

Sebelumnya, kecelakaan beruntun di Tol Cipularang terjadi pada Senin (2/9/2019). Dalam insiden ini, sebanyak delapan orang meninggal dunia, dan 28 orang luka-luka, di antaranya delapan orang mengalami luka serius.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal