Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Polisi: Sopir Bus Sinar Jaya Bisa Tersangka

Yudy Heryawan Juanda, Antara ยท Kamis, 14 November 2019 - 16:54 WIB
Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Polisi: Sopir Bus Sinar Jaya Bisa Tersangka

Bus Arimbi yang mengalami kecelakaan di Tol Cipali, Subang rusak parah di sisi samping akibat ditabrak Bus Sinar Jaya, Kamis (14/11/2019) dini hari. (Foto: iNews/Yudy Heryawan).

SUBANG, iNews.id – Kecelakaan maut Bus Sinar Jaya nopol B 7949 IS dengan Bus Arimbi nopol B 7168 CGA di Jalan Tol Cipali KM 117 arah Jakarta, Subang, Jawa Barat. Kamis (14/11/2019) dini hari diduga akibat sopir bus Sinar Jaya mengantuk. 

Dugaan itu diungkapkan Kapolres Subang, AKBP Teddy Fanani. Menurut dia, Satlantas Polres Subang telah mengolah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kejadian.

"Kayaknya keterangan tadi malam mengantuk, oleng. Tertidur sehingga nyebrang, kan ada bekas-bekasnya," kata Teddy.

BACA JUGA: Kronologi Kecelakaan Tol Cipali, Sebagian Besar Korban Penumpang Bus Arimbi

Meski demikian, kata dia, jajaranya belum menetapkan tersangka atas kecelakaan maut yang diduga akibat kelalaian tersebut.

“Kemungkinan kalau memang ada (tersangka) ya, sopir bus Sinar Jaya yang menyeberang ke jalan tol, Nanti kondekturnya semuanya bakal diambil keterangan kalau sudah memungkinkan," katanya.

Kecelakaan maut itu bermula dari bus Sinar Jaya nopol yang dikemudikan Sanudin, warga Tegal, Jawa Tengah melaju dari arah Jakarta menuju Palimanan.

Tiba di lokasi, bus diduga hilang kendali dan menyeberang ke jalur berlawanan sehingga menabrak Bus Arimbi yang melaju dari arah Cirebon.

Teddy menduga ada faktor kelalaian dalam peristiwa kecelakaan tersebut. Pihak kepolisian, kata dia, akan memeriksa sopir bus yang juga mengalami luka-luka.

Sementara itu, seluruh korban dari kecelakaan tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang. Selain tujuh korban meninggal dunia, ada 25 korban lainnya yang mengalami luka-luka.

Keluarga korban kecelakaan maut di ruas Tol Cipali, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), mulai berdatangan ke RSUD Subang, Kamis (14/11/2019).

BACA JUGA: Pengakuan Sopir Bus Sinar Jaya saat Kecelakaan di Tol Cipali yang Tewaskan 7 Orang

Mereka datang untuk menjemput jenazah keluarga yang menjadi korban kecelakaan dan selanjutnya dibawa ke rumah duka.

Salah satunya Haris, yang datang dari Kota Pekalongan untuk mengambil jenazah pamannya Warsidin. Haris mengaku mendapatkan kabar bahwa bus yang ditumpangi pamannya mengalami kecelakaan lalu lintas pada Kamis pagi tadi, dari anak korban.

Hingga Kamis siang, baru empat keluarga korban tewas yang datang ke RSUD Subang. Jenazah baru dapat dibawa pulang setelah semuanya selesai dipulasara. Sementara 26 korban luka masih mendapatkan perawatan di ruang IGD RSUD Subang.


Editor : Kastolani Marzuki