Kekeringan, Warga di Cirebon Manfaatkan Penampungan Air dari Sumur Pantek Desa

Toiskandar ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 08:55 WIB
Kekeringan, Warga di Cirebon Manfaatkan Penampungan Air dari Sumur Pantek Desa

Warga di Cirebon bergantung dari penampungan air bersih sumur pantek pemerintah selama musim kemarau. (Foto: iNews/Toiskandar).

CIREBON, iNews.id - Ratusan warga di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) hilir mudik mengambil air bersih di penampungan air tengah-tengah persawahan. Mereka bergantung pada sumber air tersebut, karena selama kemarau ini sumur mereka telah kering.

Penampungan air bersih ini disediakan pihak Pemerintah Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, berupa sumur pantek. Air kemudian ditampung dalam kolam terpal. Warga mengaku bisa bulak-balik ke lokasi tersebut untuk mengambil air untuk kebutuhan hariannya di rumah.

BACA JUGA: Bantu Warga Kekeringan, ASN di Kulonprogo Himpun Dana Berikan Bantuan Air Bersih

"Bisa sampai 10 kali bulak-balik. Untuk minum, mandi dan mencuci," kata seorang warga, Canisih, di lokasi penampungan air di areal persawahan Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Sumut, Kamis (24/10/2019) pagi.

Menurut dia, air sumur sudah kering. Mereka sudah tiga bulan terakhir mengalami krisis air bersih, dan paling parah satu bulan belakangan ini. Selama musim kemarau tersebut, warga mengaku kesulitan mendapatkan sumber air, bahkan ada yang terpaksa membelinya.

BACA JUGA: Sumber Air Mengering, BPBD Gunungkidul Ambil Air hingga ke Luar Daerah

Dengan adanya penampungan air dari sumur pantek yang disediakan pihak desa, kini warga tak perlu pusing-pusing memenuhi kebutuhan air mereka. Pompa tersebut berfungsi 24 jam setiap hari dan baru akan ditutup setelah masuk musim hujan awal bulan depan.

"Jadi bisa hemat kalau ada air di sini," ujar warga kembali.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal