Kena Tilang, Pengendara di Majalengka Diberi Ongkos Pulang oleh Polisi

Mohamad Zeni Johadi ยท Senin, 05 November 2018 - 16:21 WIB
Kena Tilang, Pengendara di Majalengka Diberi Ongkos Pulang oleh Polisi

Petugas polisi saat menggelar Operasi Zebra 2018 di wilayah Majalengka. (Foto: iNews/M Zeni Johadi)

MAJALENGKA, iNews.id – Peristiwa tak biasa terjadi saat Operasi Zebra 2018 di wilayah Majalengka, Jawa Barat (Jabar), Senin (5/11/2018). Pelanggar lalu lintas terjaring razia diberikan ongkos pulang oleh Kapolres Majalengka AKBP Maryono, yang saat itu meninjau langsung jalannya operasi penindakan tersebut.

Pantauan iNews, salah seorang pengendara motor diberhentikan petugas lantaran tidak memakai helm saat operasi di Jalan Raya Kadipaten-Bandung. Ketika diperiksa, dirinya juga tak bisa menunjukkan surat izin mengemudi (SIM) dan STNK.

Pengendara bernama Dedi asal Desa Bantrangsana, Kecamatan Panyingkiran ini beralasan dirinya lupa sehingga tidak membawa kelengkapan kendaraan. Dia pun mengeluh tidak memiliki ongkos jika motornya ditahan polisi.


Atas hal itu, Kapolres Majalengka AKBP Maryono yang ada di lokasi langsung memberikan pengertian soal Operasi Zebra. Pengendara diminta untuk pulang dan membawa helm serta kelengkapan suratnya. Tak lupa, dia memberikan uang tunai sebagai ongkos pulang bagi pengendara yang ditilang tersebut.

“Spontan saja saya berikan (uang). Karena pengendara yang ditilang mengaku tidak membawa uang. Kami beri pengertian soal penegakan aturan berlalu lintas agar tidak mengulang pelanggarannya,” kata Maryono.


BACA JUGA:

Mau Kabur saat Razia, Motor Pelajar di Batu Bara Nyaris Tabrak Polisi

3 Hari Operasi Zebra Jaya, Polisi Tilang 22.842 Pelanggar Lantas


Dedi, warga yang kena tilang mengaku terkejut dengan pemberiang ongkos pulang tersebut. menurutnya, baru kali ini dirinya mendapat uang untuk pulang saat ada razia kendaraan. “Saya bangga dan senang dengan penertiban tilang ini. Saya disuruh bawa helm, SIM dan STNK dan diberi ongkos,” ucap Dedi.

Diketahui, Operasi Zebra 2018 di wilayah Polres Majalengka saat ini sudah memasuki hari keenam. Tercatat sudah 1.100-an unit kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat yang dikenakan sanksi tilang.


Editor : Donald Karouw