Lebaran Hari Kedua Jalur Puncak Macet, One Way Diberlakukan hingga Minggu

Wildan Hidayat ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 10:06 WIB
Lebaran Hari Kedua Jalur Puncak Macet, One Way Diberlakukan hingga Minggu

Kemacetan panjang ke arah Puncak pada hari lebaran kedua, Kamis (6/6/2019). (Foto: iNews/Wildan Hidayat)

BOGOR, iNews.id – Memasuki lebaran hari kedua, volume kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami peningkatan. Polisi juga mulai memberlakukan one way sejak H+1 lebaran hingga H+4 atau Minggu (9/6/2019).

Pantauan iNews, ruas jalur menuju Puncak mengalami kemacetan yang sangat panjang pada Kamis (6/6/2019) pagi. Antrean kendaraan terpantau mulai dari Tol Ciawi hingga Mega Mendung atau sekitar 11 Kilometer (Km).

Kasatlantas Polres Bogor AKP Muhamad Fadli mengatakan, kepadatan ini terjadi sejak pukul 06.30 WIB. Peningkatan arus menuju Puncak ini sudah diprediksi dan telah diberlakukan rekayasa lalu lintas dengan membuat satu arah (one way).


“Mulai H+1 ini sudah kami berlakukan one way ke arah Puncak mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Arah sebaliknya ke Jakarta kami berlakukan pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Tetapi ini sifatnya situasional melihat fluktuasi arus kendaraan,” ujarnya, Kamis (6/6/2019).

Dia mengungkapkan, jam pemberlakuan buka tutup one way ini harus diperhatikan para pengendara agar tidak terjebak kemacetan. Selain itu pengendara diimbau untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan.

“Jadi jika ingin ke arah Puncak sesuaikan dengan jadwal buka tutup. Jika sedang ditutup, lebih baik bertahan dulu di rumha, menunggu hingga jadwal dibuka agar tidak terjebak kemacetan di jalan. Begitupun sebaliknya saat ke arah Jakarta,” katanya.

Selain itu, warga yang hendak ke Puncak juga perlu memperhatikan beberapa jalur alternatif. Bagi yang akan menuju Cianjur dapat akses melalui dua jalur, yakni Tol Bocimi menuju Sukabumi dan dari arah Cibubur dengan mengakses jalur Jonggol.


Editor : Donald Karouw