Lion Air Jadi Maskapai Perdana Angkut Jamaah Umrah dari BIJB Kertajati

Yogi Pasha ยท Rabu, 10 Oktober 2018 - 18:32 WIB
Lion Air Jadi Maskapai Perdana Angkut Jamaah Umrah dari BIJB Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.id – Maskapai Lion Air akan menjadi pesawat perdana penerbangan internasional untuk perjalanan umrah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, ke Madinah, Arab Saudi. Lion Air akan menggunakan pesawat Jenis Boeing 737-800 max dengan kapasitas 180 seat. Transit dilakukan di India karena penerbangan jarak jauh hanya untuk keperluan pengisian bahan bakar.

Managing Director Lion Group Kapten Daniel Putut Kuncoro mengatakan, Bandara Kertajati bisa menjadi pusat kegiatan transportasi udara dari Jabar menuju Tanah Suci. Sebagai bandara terbesar di Jabar, sudah seharusnya potensi masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri bisa terlayani secara maksimal.

"Tanggal 13 Oktober rencana kami akan menjadi kenyataan. Melihat Bandara Kertajati menjadi semangat baru kami untuk pusat kegiatan transportasi udara," kata Daniel, Rabu (10/10/2018).

BACA JUGA: 13 Oktober, Bandara Kertajati Terbangkan Jemaah Umrah Asal Jabar

Sementara itu, Vice President Dream Tour Muhammad Umar Bakadam menuturkan, jamaah Umrah asal Ciayumajakuning dan Purwokerto cukup mendominasi untuk berangkat umrah pertama melalui Bandara Kertajati.

"Selain jamaah asal Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan atau Ciayumajakuning, jemaah dari Purwokerto juga akan menjadi jemaah pertama yang berangkat umrah ke Tanah Suci dari Bandara Kertajati," ujarnya.

Lebih lanjut Umar menuturkan, dengan adanya rute penerbangan umrah dari Bandara Kertajati menuju Tanah Suci, tentu akan membantu warga yang berada di kawasan Ciayumajakuning dan sebagian wilayah Jawa Tengah (Jateng) untuk menunaikan ibadahnya.

"Biasanya jamaah asal Ciayumajakuning dan Jateng yang berangkat umrah itu harus siap dengan macet-macet ketika ke bandara. Namun dengan adanya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati itu sangat membantu sekali. Minimal bisa meminimalisir kemacetan ketika perjalanan dari tempat tinggalnya ke bandara," ucapnya.

Direktur Utama PT DGI Fauzi Wahyu Muntoro mengatakan, respons masyarakat menyambut penerbangan umrah dari Bandara Kertajati cukup luar biasa. Keberangkatan transportasi udara menuju Tanah Suci bisa lebih mudah mengakomodir warga Jabar dan Jateng.

"Sekarang waktunya lebih irit baik saat pergi maupun pulang. Dengan kabar ini jamaah tentu akan lebih hemat secara energi," tutur Wahyu.


Editor : Donald Karouw