Longsor Timbun 20 Penambang Emas di Bogor, 5 Orang Tewas

Kastolani ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 02:46 WIB
Longsor Timbun 20 Penambang Emas di Bogor, 5 Orang Tewas

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban longsor di penambangan emas ilegal di sulut. (Foto: Dok.iNews.id)

BOGOR, iNews.id - Bencana longsor terjadi di penambangan emas rakyat di Gunung Pongkor, Desa Bentar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupten Bogor, Jawa Barat.

Bencana yang terjadi pada Minggu (12/5/2019) itu mengakibatkan lima orang tewas dan puluhan lainnya tertimbun. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor terjadi akibat hujan deras terus menerus di kawasan tersebut.

"Longsor terjadi Minggu dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Longsor saat hujan deras. Kondisi medan berat dan curam," kata Sutopo dalam cuitannya di akun Twitter resminya, Senin (13/5/2109).

Sutopo mengungkapkan, belum ada pasti berapa jumlah korban yang masih tertimbun. Namun, dari laporan warga ada sekitar 20 orang yang belum diketahui nasibnya dalam bencana itu.

"Sementara yang sudah dievakuasi delapan orang. Lima di antaranya meninggal dunia," katanya.

Sutopo mengatakan, informasi dari Kapolsek Nunggal hingga tadi malam korban sudah tidak ada lagi. "Malam ini sudah tidak ada lagi yang dicari. 2 meninggal dunia dan enam selamat," ucapnya.

Meski demikian, kata dia, upaya pencarian terhadap korban longsor masih akan dilanjutkan hari ini untuk memastikan ada tidaknya korban yang masih tertimbun.

"Besok akan dipastikan lagi karena tidak ada data pasti jumlah korban. Penambang juga tidak terdata. Medan longsor juga berat dan curam," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki