Mensos Berharap Seluruh Provinsi Bisa Tekan Persoalan Anak Jalanan

Yogi Pasha ยท Rabu, 28 November 2018 - 14:38 WIB
Mensos Berharap Seluruh Provinsi Bisa Tekan Persoalan Anak Jalanan

Mensos Agus Gumiwang memberikan keterangan kepada wartawan usai menghadiri Jambore Ceria Anak Indoensia di Gedung Sate, Bandung, Rabu (28/11/2018). (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang berharap seluruh provinsi di Indonesia bisa mengatasi persoalan anak jalanan tahun depan. Pemerintah pusat akan terus mendorong agar pemerintah daerah memberi perhatian lebih besar untuk mengatasi persoalan anak jalanan.

Kementerian Sosial (Kemensos) mencatat, jumlah persoalanan anak jalanan di sejumlah daerah di Indonesia terus mengalami penurunan setiap tahun. Dari 33.400 anak pada tahun 2015, jumlahnya menurun menjadi 20.719 anak pada 2016. Kemudian pada 2017, angka tersebut kembali turun menjadi 16.416 anak.

“Penurunan ini tentu patut disyukuri. Namun, masih perlu terus diupayakan agar jumlah anak-anak rentan tersebut terus berkurang dan tidak lagi menjadikan jalanan sebagai tempat mencari penghidupan dan beraktivitas,” kata Agus usai menghadiri kegiatan Jambore Ceria Anak Indoensia di Gedung Sate, Bandung, Rabu (28/11/2018).


BACA JUGA: Mensos Serukan Gerakan Stop Anak-anak Indonesia Beraktivitas di Jalan


Dia mengungkapkan, penekanan angka itu akan terus dilakukan pemerintah, khususnya Kemensos untuk menghilangkan kasus anak jalanan di Indonesia. Namun, diperlukan kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah daerah, swasta, dan instansi terkait.

“Kami akan melakukan percepatan-percepatan. Kami punya anggaran untuk membantu anak jalanan. Namun, Kemensos tidak bisa kerja sendirian. Butuh kerja sama dengan pemda-pemda dan semua pihak,” ujarnya.

Agus mengungkapkan, upaya penekanan kasus sosial anak jalanan di daerah ini herhasil dilakukan oleh 10 daerah pada tahun ini. Sebagai bentuk apresiasi, Kemensos memberikan penghargaan kepada 10 daerah yang dinilai berhasil, yakni DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Serang, Kota Semarang, Kota Mataram, Kota Padang, Kota Bandarlampung, dan Kota Kupang.

“DKI sudah terbukti. Dari statistik dan data yang ada, penurunannya tajam dalam mengatasi persoalan anak jalanan,” ungkap Agus.


Editor : Maria Christina