MNC Peduli Bersama VRI dan YPO Indonesia Bangun Jembatan Gantung di Cirebon

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 27 Agustus 2019 - 12:45 WIB
MNC Peduli Bersama VRI dan YPO Indonesia Bangun Jembatan Gantung di Cirebon

Foto bersama usai kegiatan peresmian jembatan gantung yang hubungkan Desa Cigobang dan Waled, Pasaleman, Cirebon. (Foto: Istimewa)

CIREBON, iNews.idMNC Peduli bersama RCTI yang berulang tahun ke-30, dan Young Presidents Organization (YPO) Chapter Indonesia serta Vertical Rescue Indonesia (VRI) melakukan kegiatan sosial di Desa Cigobang dan Waled, Pasaleman, Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan yang bertajuk ‘Membangun Indonesia dengan Semangat Gotong Royong’ sekaligus menjadi rangkaian merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Di mana dalam kegiatan ini meliputi peresmian pembangunan jembatan gantung sepanjang 140 meter, yang menghubungkan Desa Cigobang dan Desa Waled. Selain itu ada juga penyerahan bantuan tas sekolah untuk 200 anak-anak dan 60 pasang sepatu. Dan terakhir penanaman pohon jati di sekitar area jembatan gantung.

Chairwoman YPO Chapter Indonesia Ratna Maknawi mengatakan, aksi ini merupakan sebuah pengabdian kepada negara, khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Pasaleman untuk bisa sama-sama merasakan kemerdekaan Indonesia.


Karena selama lebih dari 60 tahun, masyarakat di sini membutuhkan effort yang luar biasa untuk bisa menuju ke jalan utama provinsi. Baik itu untuk mengenyam pendidikan maupun meningkatkan ekonomi keluarganya.

Terlebih jika ada warga yang sakit di saat musim penghujan tiba. Tingginya luapan air Sungai Cisanggarung membuat warga Cigobang harus terisolasi untuk mendapat fasilitas kesehatan yang laik dan baik.

“Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial bersama dalam membantu masyarakat khususnya di Desa Cigobang. Kami harap dengan adanya jembatan gantung ini bisa membantu mobilitas warga dalam menjalani rutinitas kehidupannya,” ujar Ratna, Selasa (27/8/2019).


Senada disampaikan Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo. Dia berharap, ke depan masyarakat Cigobang dapat merasakan bantuan jembatan ini dalam kehidupan mereka.

“Masyarakat kini dapat menyeberang antardesa. Jembatan ini juga memudahkan untuk menunjang aktivitas sekolah maupun bekerja dan bersilaturahmi para warga. Kami berharap, ke depan korporasi lainnya dan masyarakat ikut serta untuk membantu membangun Indonesia,” kata Jessica.

Komandan VRI Tedi Ixdiana mengungkapkan, jembatan gantung yang dibuatnya tidak menggunakan beton. Namun mereka menggunakan teknik adopsi dari vertical rescue.

“Jadi kami membuat pancang dengan ikatan dari batu ke batu atau tanah lumpur dengan tanah lumpur di bagian seberangnya,” ujar Tedi.



Diketahui, terlaksananya pembangunan ini atas dukungan TNI dari Korem 063 Sunan Gunung Jati, Forum CSR Indonesia dan Perkumpulan Warga Cigobang. Dalam peresmian ini juga ditampilkan kesenian daerah setempat serta beberapa permainan bersama anak-anak sekolah sebagai rangkaian dalam merayakan HUT ke-74 RI.

Secara menyeluruh kegiatan ini juga menyertakan partisipasi rakyat, baik dalam peresmian jembatan gantung maupun saat proses pengerjaannya yang di supervisi langsung oleh tim VRI.

Hadir dalam peresmian jembatan gantung tersebut antara lain Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Komandan Korem 063 Sunan Gunung Jati Kolonel Arm Maryudi, Chairwoman YPO Chapter Indonesia Ratna Maknawi, Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo, Ketua Forum CSR Indonesia GKR Mangkubumi, Komandan VRI Tedi Ixdiana dan Ketua Perkumpulan Warga Cigobang Iyuk Wahyudi, serta masyarakat setempat.


Editor : Donald Karouw