Modus Nyamar Jadi Polisi, Komplotan Perampok Truk dalam Tol Ditangkap, 2 Ditembak

Toiskandar ยท Senin, 02 Desember 2019 - 20:46 WIB
Modus Nyamar Jadi Polisi, Komplotan Perampok Truk dalam Tol Ditangkap, 2 Ditembak

Kapolresta Cirebon AKBP M Syahduddi saat gelar perkara kasus perampok truk dalam tol. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Tim Antibandit Satreskrim Polresta Cirebon menangkap komplotan perampok spesialis truk kontainer dengan modus berpura-pura menjadi polisi. Lima pelaku diamankan, dua di antaranya dilumpuhkan dengan timah panas.

Kapolresta Cirebon AKBP M Syahduddi mengatakan, para pelaku merupakan komplotan yang merampok truk tronton bermuatan susu kental manis di ruas Tol Palimanan-Kanci (Palikanci). Dalam melancarkan aksi, para pelaku tak segan untuk melukai korban.

“Modusnya mereka memepet truk dengan berpura-pura sebagai polisi untuk mengecek muatan dan kelengkapan dokumen. Para korban kemudian disuruh turun semua dan hanya menurut perintah pelaku. Saat itulah mereka membawa lari truk,” ujar Syahduddi, Senin (2/12/2019).

BACA JUGA: Sebuah Rumah di Bekasi Terbakar akibat Korsleting Listrik, Pemilik Pingsan

Menurutnya, saat ini dua pelaku yakni NM dan D diproses di Polres Cirebon, sedangkan tiga lainnya diserahkan ke Polda Jawa Tengah (Jateng). Hal ini karena ketiga pelaku berinisial S, I dan AD juga terlibat kasus kejahatan di wilayah Pemalang.

Selain menangkap para pelaku, petugas juga menyita sejumlah alat bukti yang digunakan untuk beraksi. Seperti lampu senter, borgol, serta tiga truk yang digunakan untuk mengangkut hasil curian.

Dalam aksi terakhir mereka, komplotan perampok sadis modus menyamar jadi anggota polisi ini melukai, memborgol dan membuang korbannya di Jalur Arjawinangun.

“Mereka ini beraksi secara acak dengan menjadikan truk kontainer bermuatan penuh sebagai sasaran,” katanya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 365 tentang Pencurian dengan Kekerasan (curas) dengan ancaman 15 tahun penjara.


Editor : Donald Karouw