Nenek 95 Tahun di Tasikmalaya Tewas Terjebak saat Rumahnya Kebakaran

Asep Juhariyono ยท Kamis, 14 November 2019 - 13:19 WIB
Nenek 95 Tahun di Tasikmalaya Tewas Terjebak saat Rumahnya Kebakaran

Rumah milik Nenek Anah di Kampung Cibuntu, Desa Karangsambung, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, tinggal puing-puing setelah terbakar, Rabu malam (14/11/2019). (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id – Seorang nenek berusia 95 tahun di Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), tewas terjebak kebakaran di rumahnya, Rabu malam (13/11/2019). Kebakaran diduga akibat bara api dari tungku yang tertiup angin saat korban memasak air.

Video detik-detik saat rumah milik korban, Anah, warga Kampung Cibuntu, Desa Karangsambung, Kecamatan Jamanis, yang ludes terbakar pada Rabu malam, sempat direkam warga. Jerit tangis histeris warga pecah saat menyaksikan kobaran api. Apalagi setelah mereka mengetahui Nenek Anah terjebak di dalam rumahnya yang terbakar.

Warga telah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, karena rumah korban semipermanen dan terbuat dari kayu serta bilik bambu, api cepat membesar dan sulit dipadamkan. Embusan angin membuat api semakin berkobar dan melumat habis rumah itu. Nyawa Nenek Anah yang hidup sebatang kara pun tidak bisa diselamatkan.

 

BACA JUGA:

Kebakaran di Banjarmasin Hanguskan 15 Rumah, 1 Orang Tewas Kesetrum

Pasar Ngunut di Tulungagung Terbakar Hebat, 800 Kios Habis Dilalap Api

 

Kapolsek Jamanis AKP Saeful Bahri, kebakaran diduga akibat bara api yang tertiup angin, lalu mengenai dinding rumah korban yang terbuat dari bilik bambu. Bara api itu berasal dari tungku api yang digunakan korban memasak air. Api dengan cepat berkobar dan meluas, membakar habis rumah panggung itu.

“Kejadiannya sekitar pukul 22.00 WIB tadi malam. Mungkin korban merasa mengantuk sehingga ketiduran,” kata Saeful Bahri, Kamis (14/11/2019).

Warga dibantu petugas PLN kemudian membantu memadamkan api. Namun, tidak ada lagi yang bisa diselamatkan karena rumah sudah habis terbakar. “Jasad korban ditemukan sudah hangus terbakar, posisinya di bagian tengah rumah. Karena ibu ini sudah tua, jadi dia tidak kuasa menyelamatkan diri,” ujarnya.

Setelah api padam, warga menemukan jasad korban hangus terbakar dan meninggal di dalam rumahnya. Nenek Anah yang sehari-hari bekerja menjaga serta membersihkan masjid dan madrasah ini, dievakuasi warga bersama polisi. Setelah disalatkan, jenazahnya dimakamkan di tempat pemakaman yang berada tidak jauh dari rumah korban.


Editor : Maria Christina