Over Kapasitas Lapas, Dampaknya Napi Akan Menyukai Sesama Jenis

CDB Yudistira, Okezone ยท Senin, 08 Juli 2019 - 15:45 WIB
Over Kapasitas Lapas, Dampaknya Napi Akan Menyukai Sesama Jenis

Petugas lapas dan polisi merazia napi di dalam lapas. (Foto: Dok iNews).

BANDUNG, iNews.id - Narapidana di lapas dan rutan di Jawa Barat (Jabar) diduga mulai mengalami penyimpangan seksual. Hal ini dikarenakan sel tahanan mereka dalam kondisi over kapasitas.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar, ‎Liberti Sitinjak mengatakan, sel yang kelebihan muatan ini akan berdampak pada munculnya penyimpangan seks pada napi.

"Akan muncul napi yang menyukai sesama jenis," kata Liberti kepada wartawan di Kota Bandung, Jabar, Senin (8/7/2019).

BACA JUGA: Ini Penyebab Ratusan Napi Lapas IIB Polewali Mandar Mengamuk dan Rusak Fasilitas

Penyimpangan ini pun dianggapnya menular, karena bisa jadi turut berdampak pada petugas lapas dan rutan tersebut. Menurut dia, inilah pekerjaan Kanwil Kemenkumham Jabar saat ini.

"Homoseksual ini jadi menular dan ini kerja besar kami bagaimana mengatasi dampak-dampak dari over kapasitas ini. Bukan berdampak pada napi saja, tapi juga pada kesehatan petugas," ujar dia.

BACA JUGA: Ratusan Napi Lapas IIB Polewali Mandar Mengamuk dan Rusak Sejumlah Fasilitas

Untuk diketahui, rutan dan lapas yang ada di Jawa Barat mengalami over kapasitasitas melebihi 52 persen. Hal itulah yang menjadi permasalahan saat ini.

Data yang di dapat rutan dan lapas yang ada di Jabar dapat menampung 15 ribu lebih narapidana. Namun begitu, jumlah narapidana saat ini mencapai angka 23 ribu lebih.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal