Pasar Tumpah Ramai, Antrean Kendaraan Memanjang di Puncak-Cianjur

Antara ยท Senin, 11 Juni 2018 - 17:36 WIB
Pasar Tumpah Ramai, Antrean Kendaraan Memanjang di Puncak-Cianjur

Ilustrasi jalur Puncak, Jabar. (Foto: IST)

CIANJUR, iNews.id – Memasuki H-4 Lebaran, volume kendaraan di jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, terus meningkat. Antrean kendaraan terlihat memanjang di sejumlah titik menuju perbatasan antarkabupaten karena aktivitas di pasar tumpah yang ramai.

Antrean kendaraan dengan ciri khas mudik terlihat di sejumlah titik rawan seperti Pasar Cipanas, Ciranjang, dan Pasar Warungkondang. Laju kendaraan tersendat karena aktivitas pasar yang mulai dipadati masyarakat yang berbelanja.

Bahkan, beberapa orang pengendara memilih untuk beristirahat di teras masjid di Jalan Raya Bandung-Cianjur sebelum melanjutkan perjalanan karena terlalu lama terjebak kemacetan.

“Setahu saya jarak tempuh dari Karangtengah ke Ciranjang hanya beberapa kilometer, namun laju kendaraan tersendat hingga satu jam lamanya. Saya bersama keluarga hendak mudik ke Pekalongan,” kata Arief Hambali, pemudik asal Cianjur pada wartawan, Senin (11/6/2018).

Dia menilai antrean panjang kendaraan terjadi akibat aktivitas pasar tumpah Ciranjang yang menyebakan kemacetan hingga beberapa kilometer dari kedua arah. “Harapan kami ada solusi dari petugas agar tidak sampai macet total,” katanya.

Sementara jalur selatan Cianjur mulai padat dilalui pemudik dengan tujuan berbagai kecamatan di wilayah tersebut. Memasuki H-3, kendaraan roda dua dengan ciri khas mudik masih mendominasi dan diperkirakan akan meningkat dua hari menjelang Lebaran.

“Hari ini volume kendaraan yang melintas cukup meningkat khususnya kendaraan roda dua dan empat menuju selatan. Sesuai instruksi, kami menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik di wilayah selatan,” kata anggota Pos PAM jalur selatan, Gunawan.

Pihaknya memperkirakan puncak arus mudik di jalur tersebut akan terjadi dua hari menjelang Lebaran. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di sepanjang jalur tersebut, petugas telah menyiapkan sejumlah rekayasa arus lalu lintas.


Editor : Maria Christina