Perbaiki Mesin Pompa, 3 Warga Tewas Terjerembab ke Sumur di Sukabumi

Antara ยท Minggu, 01 Desember 2019 - 20:26 WIB
Perbaiki Mesin Pompa, 3 Warga Tewas Terjerembab ke Sumur di Sukabumi

Sumur maut di Sukabumi, Jabar merenggut nyawa tiga orang saat sedang memperbaiki mesin pompa. (Foto: Antara)

SUKABUMI, iNews.id - Tiga warga Kampung Kamandoran, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tewas setelah terjerembab ke dalam sumur saat membetulkan mesin pompa air, Minggu (1/12/2019).

Ketiga korban diketahui bernama Dudung (52), dan menantunya, Ade Rohman (27), serta tetangganya Nurdin (54). Ketiga jasad korban berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dengan peralatan khusus.

“Ketiga jasad korban yang seluruhnya warga Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak ini saat ditemukan di dalam sumur sudah meninggal dunia," kata Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna.

Peristiwa yang terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 16.00 WIB berawal saat almarhum Ade Rohman membetulkan pompa air di sumurnya yang tiba-tiba terpeleset dan terjatuh ke dalam sumur.

Korban pun meminta tolong kepada keluarga dan tetangga tidak lama datang mertuanya yakni, Dudung untuk membantu menantunya tersebut.Saat almarhum Dudung turun ke dalam sumur korban kemudian merasa sesak napas dan terjatuh.

BACA JUGA: Hendak Menimba Air, Nenek 77 Tahun Tewas Tercemplung Sumur di Bantul

Mengetahui ada dua tetangganya tercebur ke dalam sumur almarhum Nurdin mencoba membantunya dengan cara ikut turun ke dalam sumur.Nasib serupa pun dialami oleh Nurdin. Dia mengalami sesak napas dan langsung tercebur bersama dua korban lainnya yakni Ade Rohman dan Dudung.

Keluarga dan tetangga korban yang mengetahui kejadian itu langsung meminta bantuan dan tidak lama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan Cibadak tiba di lokasi.Sesaat kemudian tim SAR gabungan yang berasal dari petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, Polri dan potensi SAR lainnya tiba dan langsung melakukan evakuasi.

Tim SAR yang melakukan proses evakuasipun harus menggunakan peralatan lengkap antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan karena diduga sumur tersebut mengeluarkan gas beracun.

BACA JUGA: Istri Bunuh Suami dan Anak di Sukabumi Pernah Santet Kedua Korban

Proses evakuasi pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena butuh kewaspadaan dan akhirnya jasad ketiga korban berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke RSUD Sekarwangi Cibadak untuk dilakukan visum.

Polsek Cibadak yang berada di lokasi masih melakukan penyelidikan terkait meninggalnya tidak warga Kampung Kamandoran yang terjerembab ke dalam sumur.

Diduga korban meninggal akibat menghirup gas beracun yang ada di dalam sumur itu. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sumur yang merenggut tiga nyawa itu pun dipasang garis polisi dan warga dilarang untuk mendekat.


Editor : Kastolani Marzuki