Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra

Yogi Pasha ยท Sabtu, 10 November 2018 - 09:36 WIB
Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra

Presiden Joko Widodo saat meletakkan karangan bunga dan melakukan tabur bunga di salah satu makam pahlawan di TMP Cikutra, Sabtu (10/11/2018). (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Taman Makan Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional rutin digelar setiap tahunnya. Kegiatan tersebut sebagai bagian dari mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Indonesia. Jika tahun lalu, Presiden Jokowi memimpin upacara di TMP Kalibata Jakarta, untuk tahun ini Jokowi melaksanakannya di Kota Bandung dan masuk dalam salah satu kegiatannya selama dua hari nanti. 

Berdasarkan pantauan iNews.id, Presiden Jokowi tiba di TMP Cikutra sekitar pukul 08.10WIB. Jokowi yang hadir dengan menggunakan jas setelan hitam didampingi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan HAM, Wiranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan dan Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Presiden Joko Widodo saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di TMP Cikutra, Sabtu (10/11/2018). (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)


Tiba di TMP Cikutra, Presiden Jokowi langsung menjadi inspektur upacara dan menerima laporan dari komandan upacara. Upacara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sebagai bentuk memberi penghormatan kepada arwah pahlawan. Upacara ditutup dengan pembacaan doa dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Setelah upacara berakhir, Presiden dan para peserta upacara menaburkan karangan bunga ke makam para pahlawan. Para pahlawan yang ditabur bunga oleh Jokowi yakni, Abdoel Moeis yang merupakan perintis kemerdekaan, mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) H Mashudi, Jenderal TNI (Purn) Moch Yogie S Memet, Laksda Udara Noor Tanio, Sulaiman yang merupakan mantan Danlanud Margahayu, serta mantan Dubes RI untuk Arab Saudi Aang Kunaefi

Upacara Hari Pahlawan Nasional ini berlangsung sekitar 40 menit. Usai melaksanakan tabur bunga, Presiden langsung bergeser menuju Gedung Sate untuk membuka dan mengikuti kegiatan Bandung Lautan Sepeda yang digelar Kodam III Siliwangi. 


Editor : Himas Puspito Putra