Pertama di Indonesia, Little Bandung Kini Hadir di Makassar

Yogi Pasha ยท Sabtu, 03 November 2018 - 15:16 WIB
Pertama di Indonesia, Little Bandung Kini Hadir di Makassar

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Foto: dok iNews.id)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melirik lokasi strategis untuk memasarkan produk UMKM unggulan melalui gerai Little Bandung. Setelah merambah sejumlah kota di negara Asia dan Eropa, Little Bandung kini juga dikembangkan di Tanah Air.

Kota Makasar dipilih menjadi tempat terbaru dalam mempromosikan produk unggulan UMKM Bandung. Lokasinya strategis, yakni di Nipah Mal Jalan Urip Sumoharjo, Panikan, Panakkukang, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Little Bandung kini hadir di Makassar dengan lokasi strategis. Kami memilih Kota Makassar karena masyarakatnya memiliki daya beli yang cukup baik," ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra dan Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded, usai peresmian, Sabtu (3/11/2018).


BACA JUGA:

APBD Perubahan 2018 Ditolak, Oded Yakin Program 100 Hari Tetap Jalan

9 Daerah di Jabar Ini Berpotensi Hujan Angin dan Petir di Akhir Pekan


Dia mengungkapkan, Kota Makassar merupakan lokasi pertama pengembangan Little Bandung di Indonesia. Ke depan, gerai seperti ini juga bakal dihadirkan di sejumlah kota lainnya. "Selain alat promosi, ini juga jembatan mengembangkan produk unggulan di level lokal maupun internasional," ucap Yana.

Menurutnya, di Kota Bandung ada 2.500 koperasi dan sekitar 300.000 UMKM yang menjual berbagai produk unggulan. Dengan jumlah tersebut, Pemkot Bandung perlu memperluas pemasaran produk UMKM agar terus berkembang.

"Tentu ini harus didukung agar semakin maju. Hadirnya Little Bandung ini sebagai pengembangan promosi UMKM Kota Bandung," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra menyampaikan, Little Bandung merupakan penguatan peran Pemkot Bandung dalam memfasilitasi promosi dan pemasaran produk-produk UMKM.

“Kami hadir di sini karena laju pertumbuhan ekonominya tinggi, daya beli bagus, jumlah penduduk banyak, dan posisinya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian timur," ujar Priana.

Pembangunan toko Little Bandung, menghabiskan dana sekitar Rp1,2 miliar plus dana kolaborasi bersama Bank BJB sebesar Rp680 juta. Fitur Little Bandung di Makassar di antaranya cafe, bussines lounge, pusat informasi bisnis, toko, performance stage. Gerai ini juga menyediakan beragam produk yang terdiri atas kerajinan UMKM, fesyen dan kuliner.

Diketahui, sebelumnya Little Bandung telah hadir di Belgia, Petaling jaya Malaysia, Paris, Seol Korea Selatan (Korsel).


Editor : Donald Karouw