Polisi akan Telusuri dan Cari Pembuat Grup Gay Pelajar di Garut

Antara ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 21:31 WIB
Polisi akan Telusuri dan Cari Pembuat Grup Gay Pelajar di Garut

Ilustrasi penyuka sesama jenis. (Foto: Okezone)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

GARUT, iNews.id - Polres Garut terus mencari pembuat akun grup media sosial Facebook Gay pelajar SMP-SMA yang meresahkan masyarakat di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Polisi berkomitmen untuk menangkap sang pembuat grup tersebut.

"Kami dalami, cari siapa yang membuatnya sampai nantinya berhasil kita tangkap agar masyarakat tidak resah," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Garut, Kamis (11/10/2018).

Dia menuturkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi tentang adanya grup "gay" yang tergabung dalam media sosial Facebook wilayah Garut. Polisi pun sudah menerjunkan anggota untuk mengungkap dan menangkap pelaku yang membuat akun tersebut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kami berusaha melakukan penyelidikan untuk dapat menemukan si pembuat akun grup itu," katanya.

Budi menyampaikan, upaya mengungkap kasus tersebut akan membutuhkan waktu yang lama, bahkan harus terkumpul barang bukti sehingga memenuhi syarat untuk diproses hukum.

Menurutnya, kasus tersebut berkaitan dengan teknologi informasi sehingga pelakunya bisa dijerat dengan Undang-undang ITE. "Bisa dijerat Undang-undang ITE," katanya.

BACA JUGA: 

Pemkab Garut Bentuk Tim Telusuri Pembuat Grup Medsos Gay Pelajar

Viral Grup Gay Pelajar SMP, Ratusan Kasek di Garut Deklarasi Anti-LGBT

Ridwan Kamil Prihatin dengan Komunitas Gay di Garut


Dia pun menjelaskan, kasus tersebut dapat terjadi dengan berbagai pandangan, yaitu bisa unsur disengaja atau ada yang mengubah nama grup tersebut oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Namun kepolisian dan pemerintah daerah berupaya untuk mengungkapnya, terutama yang menyangkut keanggotaannya adalah kalangan pelajar SMP dan SMA. "Sampai saat ini grup (gay pelajar Garut) belum bisa dipastikan kebenarannya," katanya.

Sebelumnya, Grup komunitas gay atau penyuka sesama laki-laki di Garut, Jawa Barat (Jabar), viral di media sosial dan menghebohkan masyarakat Kabupaten Garut. Grup tersebut diduga beranggotakan pelajar SMP dan SMA, sesuai dengan namanya. Polisi masih menyelidiki informasi tersebut untuk memastikan kebenarannya.

Dari penelusuran di Facebook, grup tersebut memiliki nama Kumpulan Barudak Gay SMP/SMA Garut. Jumlah anggotanya terbaru mencapai 2.483 orang. Dalam info grup disebutkan bahwa grup ini sudah dibentuk sejak lima tahun lalu, tepatnya 15 April 2013.


Editor : Himas Puspito Putra