Polisi Tangkap Warga yang Anggap Sensen Komara sebagai Rasul

Antara ยท Minggu, 16 Juni 2019 - 20:30 WIB
Polisi Tangkap Warga yang Anggap Sensen Komara sebagai Rasul

Ilustrasi penangkapan pelaku. (Foto: Dok iNews).

GARUT, iNews.id - Polres Garut menangkap seorang warga yang diduga telah mengakui secara tertulis bahwa Sensen Komara sebagai rasul dan Presiden Indonesia. Paham tersebut kemudian disebarluaskan ke masyarakat sekitar.

"Sudah diamankan, dia adiknya Hamdani (keluarga pengikut Sensen) dua hari lalu di wilayah Caringin," kata Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna di Garut, Jawa Barat (Jabar), Minggu (16/6/2019).

BACA JUGA: Selembaran Sensen Komara sebagai Presiden dan Rasul Beredar di Garut

Pelaku dinilai telah melakukan penodaan agama karena mengakui Sensen Komara sebagai rasul. Dia kemudian menyebarluaskan selembaran atas pemahaman tersebut ke masyarakat di Kecamatan Caringin.

Menurut dia, kasus penodaan agama dengan pengakuan diri Sensen sebagai rasul ada kaitannya dengan kasus yang sama setahun lalu.

Terkait pemeriksaan terhadap Sensen yang diakui sebagai rasul, kata Kapolres, sudah dilakukan pada kasus-kasus sebelumnya, bahkan Sensen sudah divonis dalam persidangan yang dinyatakan mengalami gangguan jiwa.

BACA JUGA: Sekeluarga Pengikut Nabi Palsu Sensen Komara Diperiksa Polres Garut

"Sensen sudah lama dipanggil, diperiksa, dua kali sudah dipanggil oleh tim kedokteran sakit jiwa," katanya.

Sebelumnya, muncul selembaran hoaks yang beredar di Kecamatan Caringin Garut, bertuliskan Sensen Komara Presiden sekaligus Imam Negara Islam Indonesia. Beredarnya selembaran tersebut menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal