Polres Purwakarta Petakan Titik Rawan Kecelakaan Jalur Mudik

Okezone ยท Rabu, 15 Mei 2019 - 12:01 WIB
Polres Purwakarta Petakan Titik Rawan Kecelakaan Jalur Mudik

Ilustrasi arus lalu lintas mudik lebaran. (Foto: Dok iNews).

PURWAKARTA, iNews.id - Polres Purwakarta memetakan titik yang dianggap rawan terjadi kecelakaan lalu lintas di jalur nasional dan arteri yang menjadi favorit pemudik. Serangkaian persiapan pun dilakukan guna kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Kepala Unit Kecelakaan (Kanit Laka) Satlantas Polres Purwakarta, Ipda Asep Kusmana mengatakan, saat ini sejumlah jalur krusial masih menjadi andalan pemudik.

"Atas dasar itu, berbagai langkah strategis yang merupakan bagian dari pengamanan ritual tahunan ini telah dirancang jauh-jauh hari," kata Asep kepada wartawan di Mapolres Purwakarta, Jabar, Rabu (15/5/2019).

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalan Tambal Sulam Wilayah Kendal Dikebut

Adapun jalur mudik di Purwakarta yang masih digemari pemudik, antara lain jalur Cikopo-Pantura via Simpang Jomin. Kemudian, Jalur Cikopo-Sadang via Bungursari, Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah). Lalu, jalur Sadang-Purwakarta menuju Wanayasa-Subang-Cikamurang (jalur selatan).

Dia menjelaskan, tak hanya pengamanan, jajarannya telah melakukan berbagai pemetaan. Salah satunya pemetaan titik rawan kecelakaan yang terdapat di sejumlah jalur itu.

Sebenarnya, pemetaan yang merupakan persiapan pengamanan arus mudik ini tak beda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, pihaknya berharap pemetaan ini bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Asep menjelaskan, hasil pemetaan jajarannya menyimpulkan, di wilayah hukum Polres Purwakarta ada beberapa jalur yang dianggap rawan kecelakaan (black spot). Daerah itu terdapat di jalur arteri dan jalur nasional, serta ruas Tol Cipularang dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Untuk di ruas Tol Cipularang, ada 10 kilometer yang rawan kecelakaan yakni dari mulai Km 90 hingga Km 100, baik dari arah Bandung-Jakarta maupun sebaliknya," katanya.

BACA JUGA: Kejar Arus Mudik Lebaran, Perbaikan Jalan Ngawi-Solo Dikebut

Sementara itu, Asep melanjutkan, titik rawan di ruas Tol Cipali yakni terdapat di KM 73 sampai 83 di kedua jalur.

Tak hanya di ruas tol, titik rawan kecelakaan pun terdapat di jalur arteri. Di antaranya, lanjut dia, jalur Purwakarta-Bandung via Padalarang, jalur Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah), serta jalur Sadang-Cikopo (Bungursari).

Dia menuturkan, hasil pemetaan ini melihat dari intensitas kecelakaan yang selama ini kerap terjadi di titik-titik tersebut. Penyebabnya karena kontur jalan memang sangat berbahaya.

"Selain kondisinya lurus, ada juga yang kondisinya berupa tanjakan terjal, turunan curam, tikungan tajam‎, serta bergelombang," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal