Puluhan Karyawan Yogya Group di Subang Keracunan Nasi Uduk saat Rayakan Ulang Tahun

Yudy Heryawan Juanda ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 19:40 WIB
Puluhan Karyawan Yogya Group di Subang Keracunan Nasi Uduk saat Rayakan Ulang Tahun

Para karyawan Yogya Group dirawat di RS PTPN Subang, Jawa Barat, karena diduga keracunan makanan, Senin (28/10/2019). (Foto: iNews/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id – Puluhan karyawan Yogya Group di Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), mengalami keracunan massal, Senin (28/10/2019). Diduga, keracunan terjadi setelah para karyawan mengonsumsi nasi uduk yang disediakan saat perayaan ulang tahun perusahaan itu, tadi pagi.

Para karyawan yang dalam kondisi lemas, muntah-muntah, dan pusing tersebut langsung dilarikan ke IGD Rumah Sakit (RS) PTPN Subang dan RSUD Subang. Para petugas keamanan dan karyawan Yogya Group menolak memberikan keterangan. Mereka malah berusaha menghalang-halangi para wartawan yang akan meliput.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Polres Subang, jumlah karyawan Yogya Group yang dilarikan ke dua rumah sakit karena diduga keracunan sebanyak 57 orang. Mereka berasal dari Yogya Grand Subang dan Griya Subang. Sebanyak 27 korban dibawa ke RS PTPN dan 30 korban dibawa ke RSUD Subang.

 

BACA JUGA:

Warga 4 Desa di Timor Tengah Utara NTT Keracunan Massal setelah Makan Daging Sapi Mati

Karyawan RSUD Cianjur Keracunan Massal usai Konsumsi Susu Jatah Piket Malam

 

Wakil Bupati Subang Agus Masykur yang menjenguk para karyawan di RSUD Subang mengatakan, saat ini kondisi sebagian korban sudah membaik. Keracunan tersebut diduga kuat bersumber dari nasi uduk yang dikonsumsi pada Senin pagi tadi. Dia berharap korban keracunan tidak bertambah lagi karena nasi uduk yang dibagikan lebih dari 500 kotak.

“Penyebabnya semenntara menurut keterangan karena keracunan dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, karena saat ini ulang tahun Yogya seluruh Indonesia, mereka syukuran, pagi-pagi makan bareng-bareng. Makanan itu dari katering, dari mana kateringnya saya tidak tahu persis,” kata Agus Masykur.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur memberikan keterangan terkait puluhan karyawan Yogya Group yang dirawat di RSUD Subang karena diduga keracunan makanan, Senin (28/10/2019). (Foto: iNews/Yudy Heryawan Juanda)



Sementara Kasat Reskrim Polres Subang AKP Ilyas Rustandi mengatakan, kasus keracunan massal ini kini ditangani oleh Satreskrim Polres Subang. Polisi masih memeriksa kandungan makanan ke laboratorium untuk memastikan penyebab pasti puluhan karyawan keracunan.

“Kami akan melakukan serangkaian penyelidikan ataupun penyidikan dugaan-dugaan keracunan itu. Kami belum bisa sampaikan penyebab pastinya karena ada barang bukti yang kami periksa lebih dulu, untuk sementara makanan nasi kuning,” kata Ilyas.


Editor : Maria Christina