Puluhan Ton Ikan Mas di Waduk Darma Kuningan Mati, Petani Rugi Ratusan Juta Rupiah

Toiskandar ยท Selasa, 22 Oktober 2019 - 11:50 WIB
Puluhan Ton Ikan Mas di Waduk Darma Kuningan Mati, Petani Rugi Ratusan Juta Rupiah

Puluhan ton ikan mas milik petani tambak di Waduk Darma, Kuningan, Jabar mati mendadak. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

KUNINGAN, iNews.id - Puluhan ton ikan mas milik para petani jala apung Waduk Darma di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ditemukan mati mendadak, Selasa (22/10/2019).

Akibat kejadian itu, petani tambak mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Padahal, ribuan ikan itu siap panen. Belum diketahui pasti penyebab matinya ribuan ikan mas itu, namun diduga akibat kekurangan oksigen.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrim, Ribuan Ikan Mas di Kuningan Mati Mendadak

Petani tambak jala apung, Ikin Sadikin mengatakan, penyebab matinya puluhan ton ikan mas milik petani tambak ini diduga akibat menurunya debit air Waduk Darma, sehingga ikan kekurangan oksigen.

Selain itu, kata dia, diperparah dengan arus balik di dasar waduk yang menyebabkan sisa pakan yang mengendap di dasar sungai terdorong ke jaring apung.

“Kami hanya bisa pasrah dengan kondisi ikan yang sudah mati tersebut, padahal usia ikan akan siap dipanen untuk di jual ke sejumlah pasar di Kuningan bahkan ke luar daerah,” katanya.

Ikin mengungkapkan, matinya ikan mendadak ini diketahui terjadi sejak Senin (21/10/2019) malam. Puluhan ton ikan mati itu milik 20 petani jala apung.

BACA JUGA: Musim Kemarau, Volume Air Waduk Darma Kuningan Menyusut Nyaris 50%

“Harapan kami, pemerintah memberikan solusi agar ikan miliknya tidak mengelami kerugian yang sangat besar lagi,” katanya.

Mengantisipasi kerugian cukup besar, para petani ikan terpaksa menjual ikan yang masih segar kepada sejumlah warga dengan harga yang sangat murah Rp5.000-10.000 per kg. Dalam kondisi yang segar biasanya petani ikan menjual dengan harga Rp20.000 per kg.


Editor : Kastolani Marzuki