Puting Beliung Karawang, 35 Rumah Warga Rusak di Bagian Atap

Sindonews ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 22:28 WIB
Puting Beliung Karawang, 35 Rumah Warga Rusak di Bagian Atap

Ilustrasi atap rumah warga rusak akibat angin puting beliung. (Foto: iNews)

KARAWANG, iNews.id - Angin puting beliung memorak-perandakan puluhan rumah di dua dusun Desa Mukti Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang. Tercatat 35 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan pada bagian atapnya.

Peristiwa ini juga dilaporkan menimbulkan korban luka. Seorang warga dilarikan ke klinik terdekat karena tertimpa material bangunan yang tersapu angin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Karawang, Anyang Saehidin mengatakan, berdasarkan keterangan warga diketahui angin puting beliung terjadi sekitar pukul 12.00 WIB siang tadi.

BACA JUGA: Angin Kencang Disertai Hujan Es, Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

"Saat kejadian cuaca di sekitar memang sedang mendung dan adanya awan kumulonimbus," kata Anyang saat dikonfirmasi wartawan di Kabupaten Karawang, Jabar, Jumat (9/1/2019).

Warga dua dusun yaitu di Dusun Kopo Timur dan Dusun Tegaljaya dikejutkan dengan datangnya pusaran angin kencang ke rumah mereka. Angin tersebut langsung menerjang rumah mereka dan menyapu bagian atapnya.

Kerugian akibat angin puting beliung itu masih dalam perhitungan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) yang datang ke lokasi kejadian.

BACA JUGA: Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Rancaekek Bandung

"Setelah kami melakukan pendataan ada sebanyak 25 rumah di Dusun Kepo Timur mengalami rusak dan 10 rumah lagi di Dusun Tegaljaya. Rusaknya bervariasi ada yang rusak berat dan ada juga yang rusak ringan," katanya.

Menurut Anyang, rata-rata rumah warga mengalami kerusakan cukup parah pada bagian atap. Genting rumah warga tersapu angin hingga ratusan meter. Kendati begitu musibah angin puting beliung ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Hanya ada satu orang yang mengalami luka ringan, atas nama Ilik (70). Saat ini sudah dibawa ke klinik terdekat," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal