Ridwan Kamil Imbau Pemudik Hindari Rest Area untuk Kurangi Kemacetan

Antara ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 15:11 WIB
Ridwan Kamil Imbau Pemudik Hindari Rest Area untuk Kurangi Kemacetan

Pengendara kendaraan melintas di gerbang keluar tol Cileunyi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan membuka sebanyak sembilan gerbang tol keluar Cileunyi jika terjadi kepadatan lalu lintas pada puncak arus mudik 2019 yang diprediksi akan terjadi pada Jumat (31/5/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

BANDUNG, iNews.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengimbau para pemudik untuk menghindari rest area saat perjalanan pulang ke kampung halamannya. Pasalnya, area ini menjadi salah satu sumber kemacetan saat arus mudik dan balik.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menyarankan, daripada berhenti di tempat istirahat sementara itu, lebih baik pemudik menyiapkan bekal makanan sebanyaknya untuk perjalanan.

“Sumber kemacetan juga di rest area. Jadi saya titip rest area dihindari. Berbekal makanan sebanyaknya, bensinnya diisi full tank, kecuali kalau kepepet (ke rest area),” kata Emil seusai meninjau arus mudik di Pos Polisi Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jumat (31/5/2019).


BACA JUGA: Xenia Ditabrak Honda CRV di Tol Batang Semarang, 1 Pemudik dari Tangerang Tewas


Dia juga mengimbau kepada pemudik agar memilih waktu yang tepat untuk mudik ke kampung halamannya. Terpenting, pastikan kondisi kendaraan yang laik jalan untuk mudik.

“Macet juga bisa karena mobil mogok. Terutama bus, kepada pemiliknya harus dipastikan kendaraannya prima, sopirnya harus sehat, bebas narkoba,” katanya.

Emil mengatakan, Jabar menjadi provinsi yang terdampak mudik paling besar karena wilayah yang dipimpinnya merupakan daerah pulang maupun lintasan bagi pemudik yang akan mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Sumatera.

“Jadi, memang isu mudiknya tentu ada di Jabar. Oleh karena itu kita lakukan upaya, yang pertama manajemen waktu, kita sudah diberi kemudahan, ada libur, hari kejepit, sehingga seharusnya lancar,” katanya.

Dia juga mengatakan, kebijakan one way di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Cipali berdampak positif mengatasi kemacetan saat arus mudik berlangsung. “Ini sangat membantu, ditambah tahun ini kan Trans Jawa Utara sudah selesai. Kita tesnya di mudik tahun ini,” katanya.


Editor : Maria Christina