Ridwan Kamil Tanya Pendapat Warga jika Bandara Kertajati Diubah Jadi BJ Habibie

Kastolani ยท Kamis, 19 September 2019 - 18:47 WIB
Ridwan Kamil Tanya Pendapat Warga jika Bandara Kertajati Diubah Jadi BJ Habibie

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Okezone)

BANDUNG, iNews.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berencana untuk mengusulkan perubahan nama Bandara Internasional Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menjadi Bandara Internasional BJ Habibie. Namun, gubernur yang akrab disapa Emil itu terlebih dahulu menanyakan pendapat warga Jabar mengenai usulannya.

Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan Ridwan Kamil di akun Instagramnya, Kamis (19/9/2019). “Apakah netizen setuju khususnya yang warga Jawa Barat setuju jika Bandara Internasional Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional BJ Habibie?”

Postingan ini mendapat banyak respons positif dari para netizen. Sejak diposting tujuh jam lalu, sebanyak 485.000 netizen menyukai postingan itu dan 49,8 ribu netizen memberikan komentar. Umumnya netizen menyatakan sepakat atau menyetujui usulan Ridwan Kamil.

Survei yang dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil lewat akun Instagram-nya, Kamis (19/9/2019). (Foto: Instagram)


Bahkan, admin akun PT Bandaraudara Internasional Jawa Barat (BIJB) juga turut berkomentar atas survei yang dilakukan Ridwan Kamil di akun Instagramnya. “Mendiang BJ Habibie adalah tokoh besar yang sudah membawa dunia dirgantara Indonesia mendunia. Selayaknya, nama beliau disematkan di bangunan monumental. Apapun suara mayoritas masyarakat, kita doakan yang terbaik Pak Gubernur @ridwankamil.”

Survei yang digelar Ridwan Kamil ini sekaligus untuk merespons petisi yang dilakukan pemilik akun bernama Ihsan Joe di Change.org agar Gubernur Jabar dan Presiden RI mengganti nama Bandara Internasional Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie. Dalam situs Change.org, Ihsan menuliskan alasan petisi.

“BJ Habibie adalah teknokrat di bidang kedirgantaraan kelas dunia. Diakui oleh semua kalangan tanpa kecuali. Dan beliau juga yang mendirikan Industri Pesawat Terbang (IPTN) yang berlokasi di Bandung Jawa Barat. Nama beliau sangat layak menjadi nama Bandara di Jawa Barat, apalagi bandara Kertajati kelas internasional.”

Petisi yang dimulai oleh pemilik akun Ihsan Joe di Change.org telah ditandatangani 819 orang, hingga Kamis (19/9/2019). (Foto: IST)


Dari pantauan iNews hingga Kamis (19/9/2019) pukul 18.22 WIB, petisi itu telah ditandatangani oleh 819 orang dari 1.000 tanda tangan yang dibutuhkan. Petisi dimulai sejak Jumat pekan lalu (13/9/2019).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga merespons petisi tersebut. Dia mengapresiasi usulan untuk mengubah nama BIJB di Kertajati, Majalengka, menjadi Bandara BJ Habibie.


BACA JUGA: Nama Bandara Kertajati Diusulkan Diganti Jadi BJ Habibie, Begini Kata Menhub


Bahkan, Ridwan Kamil mengaku akan menindaklanjuti serius usulan yang mencuat lewat situs petisi Change.org tersebut dengan cara membahasnya bersama DPRD Jabar. Dia mengakui usulan tersebut sejalan dengan pemikirannya untuk mengapresiasi nama besar BJ Habibie.

Ridwan Kamil menilai, nama Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) yang yang meninggal 11 September lalu itu sangat layak diabadikan pada bangunan-bangunan monumental, termasuk untuk BIJB.

“Saya sudah dengar (petisi BIJB jadi Bandara BJ Habibie). Memang itu sejalan dengan apa yang saya pikirkan, hanya butuh proses saja,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (16/9/2019).

Menurut Ridwan Kamil, BJ Habibie memiliki kedekatan dengan Provinsi Jabar. Tokoh kebanggaan Indonesia itu bertemu dengan sang istri, almarhum Hasri Ainun Habibie di Jabar, mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan mendirikan Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) di Jabar.


Editor : Maria Christina