Rumahnya Tertimpa Longsor, Keluarga di Ciamis ini Berhasil Selamat

Acep Muslim ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 12:09 WIB
Rumahnya Tertimpa Longsor, Keluarga di Ciamis ini Berhasil Selamat

Proses evakuasi material longsor di Dusun Nanggewer, Desa Jelat, Kecamatan Barebeg, Ciamis. (Foto: iNews/Acep Muslim).

CIAMIS, iNews.id - Tebing tembok setinggi empat meter tiba-tiba longsor dan menimbun rumah di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar). Untungnya, seluruh penghuni berhasil menyelamatkan diri, dan kini mengungsi ke rumah tetangganya.

Rumah yang tertimbun longsoran tebing tembok setinggi empat meter ini dihuni oleh tiga kepala keluarga yakni, keluarga Rusmini, Ihat dan Ade Rukman. Mereka tinggal di Dusun Nanggewer, Desa Jelat, Kecamatan Barebeg, Ciamis.

Korban longsor, Ihat, mengatakan peristiwa itu terjadi pada rabu dini hari, saat seluruh penghuni rumah sedang tidur. Lalu dia merasakan seperti adanya getaran gempa, dan tiba-tiba material longsor dari tebing langsung menimpa belakang rumahnya.

BACA JUGA: Bayi 6 Bulan Selamat Usai Tertimbun Material Tanah Longsor di Cilacap

"Terdengar 'Buk' sekaligus. Saya kebetulan lagi tidak tidur, jadi langsung bawa anak-anak lari," kata Ihat di rumahnya kawasan Nanggewer, Desa Jelat, Kecamatan Barebeg, Kabupaten Ciamis, Jabar, Rabu (5/12/2018).

Beruntung, Ihat bersama anaknya dan keluarga Rusmini langsung berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sedangkan, kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Saat ini, keluaraga Rusmini dan Ihat terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangganya. Warga di sana pun turut bergotong royong menyingkirkan material longsor.

BACA JUGA: 16 Mahasiswa Jadi Korban Tanah Longsor di Karo Sumut, 7 Tewas


Editor : Andi Mohammad Ikhbal